Pengaruh unsur-unsur bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di Gama Ayam Goreng & Steak Watugong Malang / oleh Agus Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh unsur-unsur bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di Gama Ayam Goreng & Steak Watugong Malang / oleh Agus Arifin

Agus Arifin (2009) Pengaruh unsur-unsur bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di Gama Ayam Goreng & Steak Watugong Malang / oleh Agus Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar menjadi pasar yang sangat potensial bagi perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Perusahaan asing maupun perusahaan dalam negeri berusaha mendirikan usaha bisnis dan menciptakan jenis-jenis produk yang nantinya akan digemari oleh calon konsumen. Hal ini menuntut perusahaan untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar perusahaan dapat memenangkan persaingan tersebut. Salah satu bentuk strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran produk barang mencangkup 4P product price place dan promotion. Sedangkan untuk jasa keempat hal tersebut masih dirasa kurang mencukupi. Para pakar pemasaran menambahkan tiga unsur lagi people process dan customer service. Dengan semakin terbukanya pasar dalam negeri berbagai pola pemasaran telah ditempuh investor untuk dapat masuk dan menembus pasar dalam negeri. Salah satu bentuk atau cara pemasaran ini adalah pewaralabaan (Franchising). Dimana menurut survei studi tingkat keberhasilan bisnis waralaba rata-rata 93% sehingga bahkan banyak yang beranggapan bahwa waralaba merupakan konsep bisnis yang paling tepat dan cepat bagi pengembangan usaha kecil Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh langsung bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian pengaruh langsung pembelian terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh tidak langsung bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian. Penelitian memiliki tiga variabel yaitu variabel bebas bauran pemasaran jasa variabel intervening keputusan pembelian dan variabel terikat kepuasan konsumen. Populasi penelitian ini sebanyak 5524 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menerapkan accidental sampling dengan sampel sebanyak 135 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan analisisnya menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara produk terhadap keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 163 (2) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 116 (3) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara tempat terhadap keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 129 (4) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 377 (5) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara orang terhadap keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 011 (6) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara proses terhadap keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 089 (7) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara bukti fisik terhadap keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 129 (8) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 678 (9) Terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan antara produk terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di GAMA Ayam Goreng Steak Watugong Malang dengan pengaruh sebesar 0 111 (10) Pengaruh tidak langsung harga terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebesar 0 079 (11) Pengaruh tidak langsung tempat terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebesar 0 087 (12) Pengaruh tidak langsung promosi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebesar 0 256 (13) Pengaruh tidak langsung orang terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebesar 0 007 (14) Pengaruh tidak langsung proses terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebesar 0 060 (15) Pengaruh tidak langsung bukti fisik terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebesar 0 087. Dimana hanya variabel produk dan promosi yang mempunyai pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian dan tidak langsung terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian secara positif dan signifikan Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan antara lain (1) Manajemen CV. GAMA INDONESIA sebaiknya memaksimalkan variabel produk dan promosi yang terbukti signifikan secara positip dalam mempengaruhi kepuasan konsumen yang melalui keputusan pembelian dengan memperhatikan tingkat frekuensi dan bentuk promosi yang lebih variatif serta perencanaan yang lebih akurat dan diperbaruhi secara berkala (2) Meningkatkan komponen harga bukti fisik proses dan orang sehingga menjadi bagian yang signifikan dalam strategi pemasaran produk jasa dengan penambahan alat memperindah dan menambah bukti fisik sehingga konsumen merasa nyaman simpatik dan tercapainya kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30043

Actions (login required)

View Item View Item