Pengaruh persepsi nilai terhadap loyalitas melalui kepercayaan dan kepuasan konsumen pengguna sepeda motor merek Honda di kecamatan Kepanjen / oleh Yangki Defiantin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi nilai terhadap loyalitas melalui kepercayaan dan kepuasan konsumen pengguna sepeda motor merek Honda di kecamatan Kepanjen / oleh Yangki Defiantin

Yangki Defiantin (2009) Pengaruh persepsi nilai terhadap loyalitas melalui kepercayaan dan kepuasan konsumen pengguna sepeda motor merek Honda di kecamatan Kepanjen / oleh Yangki Defiantin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu pasar potensial untuk memasarkan produk sepeda motor hal ini didukung dengan jumlah penduduknya yang sangat besar namun pembangunan infrastruktur khususnya transportasi masih sangat lemah. Hal ini yang menjadi faktor penyebab masyarakat Indonesia lebih tertarik untuk memiliki kendaraan pribadi salah satunya adalah sepeda motor yang dianggap lebih efisien. Harga beli sepeda motor saat ini sangat terjangkau dengan adanya fasilitas kredit membuat antusias masyarakat untuk memiliki sepeda motorpun semakin tinggi. Persaingan pasar sepeda motor yang semakin ketat masih memposisikan sepeda motor merek Honda sebagai pilihan nomer satu. Adapun fenomena ini dapat dilihat di Kecamatan Kepanjen yang merupakan kota Kabupaten Malang dimana mayoritas penduduknya telah memilih sepeda motor merek Honda sebagai pilihan nomer satu. Hal ini terbukti dengan total pemilik sepeda motor merek Honda di kecamatan Kepanjen menunjukkan angkan 7.497 dari total secara keseluruhan 13.733 pemilik sepeda motor. Dari sini dapat dilihat bahwa Honda telah mampu menguasai 54% pasar Sepeda Motor di Kecamatan Kepanjen. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena berkaitan dengan persepsi nilai kepercayaan kepuasan dan loyalitas konsumen dalam menggunakan sepeda motor merek Honda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh secara langsung antara persepsi nilai terhadap kepercayaan (2) pengaruh secara langsung antara persepsi nilai terhadap kepercayaan (3) pengaruh secara langsung antara kepercayaan terhadap loyalitas (4) pengaruh secara langsung antara kepuasan terhadap loyalitas konsumen (5) pengaruh secara langsung antara persepsi nilai terhadap loyalitas (6) pengaruh secara tidak langsung antara persepsi nilai terhadap loyalitas melalui kepercayaan dan (7) pengaruh secara tidak langsung antara persepsi nilai terhadap loyalitas melalui kepuasan. Penelitian ini bersifat explanatory research dan dalam melakukan penelitiannya mengambil sample dari 7.497 penduduk Kecamatan Kepanjen yang menggunakan kendaraan bermotor merek Honda. Teknik pengambilan sempelnya dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data skunder. Data primer merupakan data yang diperoleh peneliti secara langsung dari para responden sedangkan data sekunder merupakan hasil olahan lebih lanjut dari data primer yang disajikan oleh peneliti. Teknik pengambilan sample menggunakan rumus Slovin yang ditemukan jumlah sample 98 68 dan dibulatkan menjadi 100 responden dari total keseluruhan 7497 pemilik kendaraan sepeda motor merek Honda di Kecamatan i Kepanjen. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) yang dihitung dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) ada pengaruh langsung yang signifikan antara persepsi nilai terhadap kepercayaan pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Kepanjen dengan 946 sebesar 0 231 dan sig 0 021 (2) ada pengaruh langsung yang signifikan antara persepsi nilai terhadap kepuasan pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Kepanjen dengan 946 sebesar 0 421 dan sig 0 000 (3) ada pengaruh langsung yang signifikan antara kepercayaan terhadap loyalitas pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Kepanjen dengan 946 sebesar 0 194dan sig 0 023 (4) ada pengaruh langsung yang signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Kepanjen dengan 946 sebesar 0 329 dan sig 0 000 (5) ada pengaruh langsung yang signifikan antara persepsi nilai terhadap loyalitas pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Kepanjen dengan 946 sebesar 0 291 dan sig 0 002 (6) ada pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara persepsi nilai terhadap loyalitas yang ditengahi oleh kepercayaan pada pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Kepanjen dengan 946 sebesar 0 335 (7) ada pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara persepsi nilai terhadap loyalitas yang ditengahi oleh kepercayaan pada pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Kepanjen dengan 946 sebesar 0 430. Adapun saran yang dapat peneliti berikan adalah Astra Honda Hendaknya tetap menjaga atau lebih meningkatatkan kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Honda melalui penanaman persepsi nilai karena hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan memiliki pengaruh yang kuat terhadap terbentuknya loyalitas konsumen. Adapun penanaman persepsi nilai yang kuat dapat dilakukan dengan mengadakan inovasi produk baru yang lebih hemat bahan bakar mesin yang bandel dan awet serta menjaga kualitas mesin agar tidak mudah rusak serta menciptakan value for money yang tinggi dengan memenuhi harapan atas keinginan dan kebutuhan konaumen yang diharapakan konsumen dapat merasakan tingkat kepuasan yang tinggi untuk menuju arah loyalitas karena menjaga loyalitas konsumen sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin hiperkompetitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item View Item