Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan : studi pada rumah makan Putri Kuning Jl. Sengon Agung No. 29 Purwosari Pasuruan / oleh Solikan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan : studi pada rumah makan Putri Kuning Jl. Sengon Agung No. 29 Purwosari Pasuruan / oleh Solikan

Solikan (2009) Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan : studi pada rumah makan Putri Kuning Jl. Sengon Agung No. 29 Purwosari Pasuruan / oleh Solikan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri rumah makan sangat dipengaruhi dan berkembang menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan eksternal. Pasar yang semakin cepat berubah keinginan konsumen yang berubah didukung tehnologi yang cepat berubah pula mengharuskan para produsen sebagai pelaku jasa perlu menyesuaikan diri dengan perubahan itu sendiri. Masyarakat menuntut produk pelayanan rumah makan yang bermutu dalam pengertian cepat terbuka rasional dan professional. Rumah makan-rumah makan baru bermunculan guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi kebutuhannya akan kualitas. Sekarang rumah makan selain sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat manajemen rumah makan juga bertujuan untuk meningkatkan nilai rumah makan. Untuk mencapai tujuan tersebut rumah makan harus bersaing satu sama lain dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Rumah makan yang masuk dalam persaingan itu hendaknya mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik bahkan yang paling baik dengan harapan akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Rumah makan Putri Kuning sebagai salah satu rumah makan di Pasuruan harus mampu menjaga loyalitas konsumenya karena loyalitas konsumen sangat menentukan kelangsungan dan keberhasilan rumah makan untuk tetap eksis dalam karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Rumah Makan Putri Kuning Purwosari Pasuruan secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang mana dalam rancangan tersebut akan dapat diketahui apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen. diharapkan hasil penelitian ini dapat berguna bagi perkembangan dan kemajuan rumah makan. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas ( kualitas pelayanan yang terdiri dari lima sub variabel yaitu bukti langsung keandalan daya tanggap jaminan dan empati). Sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang dating kerumah makan putri kuning. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan infinite sample dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0 000 yang berarti koefisien regresi signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara bukti langsung keandalan dan empati terhadap loyalitas konsumen di Rumah Makan Putri Kuning Purwosari Pasuruan. (2) Tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara daya tanggap dan jaminan terhadap loyalitas konsumen di rumah makan Putri Kuning Purwosari Pasuran. (3)Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa kelima variabel bebas yaitu bukti langsung keandalan daya tanggap jaminan dan empati mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen secara simultan. Kontribusi kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 54% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan pada Rumah Makan Putri Kuning purwosari pasuruan adalah (1) Perlu mempertahankan pelayanan yang sudah ada karena mayoritas konsumen beanggapan baik terhadap pelayanan yang telah diberikan seperti kecepatan kebersihan kualitas masakan dan terus tingkatkan kualitas pelayanan tersebut. (2) Pengadaan fasilitas penunjang seperti daftar menu di pasang di tembok agar konsumen yang datang dapt lang pesan tanpa harus disodori daftar menu terlebih dahulu untuk lebih mudah dalam pemesanan agar lebih cepat bagi konsumen yang merasa terburu-buru. (3) Penambahan variasi menu walaupun rumah makan ini mengutamakan menu masakan khas jawa namun tidak ada salahnya kalau memberikan menu yang di luar itu untuk mencapai konsumen yang benar-benar puas dan loyal (4) Pengadaan/penyediaan kotak saran sangat membantu dan mendukung pihak manajemen rumah makan Putri Kuning dalam mempertahankan kualitas pelayanan serta meningkatkannya sesuai dengan saran-saran yang diberikan oleh setiap konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item