Persepsi guru akuntansi terhadap penerapan problem based learning dalam kurikulum merdeka / IRFA\' MASLUHATUL UMMAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru akuntansi terhadap penerapan problem based learning dalam kurikulum merdeka / IRFA\' MASLUHATUL UMMAH

Ummah, Irfa' Masluhatul Ummah (2023) Persepsi guru akuntansi terhadap penerapan problem based learning dalam kurikulum merdeka / IRFA\' MASLUHATUL UMMAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan PBL dalam kurikulum merdeka yang berfokus pada apa sajakah tantangan-tantangan yang dihadapi guru akuntansi selama PBL baik dalam aspek perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Penelitian tentang persepsi guru akuntansi terhadap penerapan PBL dalam kurikulum merdeka dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif desain studi kasus dan triangulasi sumber berupa analisis telaah dokumentasi RPP. Tahapan-tahapan pelaksanaan PBL yang dilaksanakan oleh guru telah sesuai dengan analisis telaah dokumentasi RPP yang dilakukan oleh peneliti. Selanjutnya melalui wawancara langsung kepada ketiga guru akuntansi peneliti memperoleh hasil bahwa guru akuntansi SMK Cendika Bangsa menemui 7 tantangan saat penerapan PBL dan juga berupaya mengatasi tantangan-tantangan tersebut saat pembelajaran. Tujuh tantangan-tantangan yang ditemui guru akuntansi antara lain guru kurang komunikasi saat team teaching guru sulit menentukan masalah nyata siswa belum terbiasa dihadapkan dengan masalah nyata siswa kurang kritis siswa pasif saat diskusi kelompok siswa kurang percaya diri dan standar penilaian guru berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300243

Actions (login required)

View Item View Item