Profesionalisme guru akuntansi abad 21 (studi kasus di smk negeri widang) / Lina Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profesionalisme guru akuntansi abad 21 (studi kasus di smk negeri widang) / Lina Faizah

Faizah, Lina (2023) Profesionalisme guru akuntansi abad 21 (studi kasus di smk negeri widang) / Lina Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru akuntansi di SMKN Widang dalam mempersiapkan diri menjadi guru abad ke-21 berdasarkan perspektif guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan pada 3 guru dan 7 siswa Jurusan Akuntansi diambil dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi secara langsung kemudian dianalisis dan disajikan dalam 3 fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru akuntansi telah profesional dengan kriteria yaitu memiliki keahlian sesuai dengan bidang keilmuannya dan sebagai seorang guru profesional memberikan pembelajaran diluar jam pelajaran merupakan sebuah keharusan yang dilakukan sebagai guru. Selain itu guru akuntansi di SMKN Widang juga telah menjalankan perannya dalam pembelajaran antara lain sebagai fasilitator yang memberikan dorongan berupa sumber belajar pembimbingan/kontrol penilai dan bantuan ketika siswa dalam kesulitan. semua guru akuntansi di SMKN Widang untuk meningkatkan profesionalisme adalah melakukan pendidikan profesi guru (PPG) memiliki keinginan melanjutkan pendidikan melakukan inovasi dalam pembelajaran seperti menggunakan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa baik secara tradisional maupun digital sebagai bentuk berkembangnya teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 07:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300242

Actions (login required)

View Item View Item