Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler prabayar XL-Jempol : studi pada pengguna XL-Jempol mahasiswa reguler Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun akademik 2006/2007 / oleh Muhammad Riza Pramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler prabayar XL-Jempol : studi pada pengguna XL-Jempol mahasiswa reguler Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun akademik 2006/2007 / oleh Muhammad Riza Pramono

Muhammad Riza Pramono (2009) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler prabayar XL-Jempol : studi pada pengguna XL-Jempol mahasiswa reguler Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun akademik 2006/2007 / oleh Muhammad Riza Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi dan pasar bebas berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Dalam kondisi perekonomian dan perdagangan yang semakin kompetitif dan transparan setiap perusahaan akan berada pada kancah persaingan yang semakin tajam. Persaingan antar merek setiap produk akan terjadi dalam merebut pangsa pasar. Dalam dunia perdagangan persaingan merupakan salah satu permasalahan yang amat penting dimana berkaitan dengan penjualan atau pemasaran produk yang dihasilkan perusahan. Terutama perusahaan yang bergerak dibidang jasa tekhnologi dan telekomunikasi. Bahkan sekarang operator seluler tidak bisa hanya mengiming-imingi pelangggan berupa tarif murah melainkan harus memperhatikan inovasi fitur atau pelayanan yang excellent. Untuk itu perusahaan harus mengetahui atribut-atribut produk pada produk yang dihasilkan perusahaan. Atribut-atribut tersebut akan menjadi pertimbangan konsumen untuk menentukan pilihan. Pada produk kartu seluler prabayar Xl-Jempol memiliki atribut berupa harga kemasan merek pelayanan/layanan pendukung dan mutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh atribut produk secara parsial terhadap keputusan pembelian (2) pengaruh atribut produk secara simultan terhadap keputusan pembelian (3) pengaruh atribut produk yang dominan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi yaitu dengan megkorelasikan atribut produk yang dimiliki produk kartu seluler prabayar Xl-Jempol terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi yang dipilih adalah Pengguna Xl-Jempol Mahasiswa Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2006/2007 dengan sampel sebanyak 92 orang. Metode penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu (1) purposive sampling (2) sampel acak dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan uji t uji f serta dalam pengujian data dengan uji asumsi klasik. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa secara parsial varibel harga (sig 0 065) dan variabel mutu (sig 0 063) tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel kemasan (sig 0 042) merek (sig 0 002) dan pelayanan/layanan pendukung (sig 0 018) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan atribut produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian F hitung sebesar 5 349 dengan signifikansi 0 000. variabel merek pada produk kartu seluler prabayar Xl-Jempol memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi t sebesar 0 001 dengan t hitung sebesar 3 240 beta 0 336 SE 10 87%. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa atribut produk kemasan merek dan pelayanan//layanan pendukung memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian seperti harga dan mutu produk perusahaan harus melakukan perencanan-perencanaan strategis agar dapat memberikan pendapatan terhadap perusahaan. Selain itu perusahaan harus jeli mengetahui atribut-atribut produk dan segmen-segmen pasar yang berpotensi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30024

Actions (login required)

View Item View Item