Pengaruh student engagement dan metacognitive awareness terhadap learning performance mahasiswa akuntansi / RIZKA AMELIA PUTRI DAMAYANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh student engagement dan metacognitive awareness terhadap learning performance mahasiswa akuntansi / RIZKA AMELIA PUTRI DAMAYANTI

Damayanti, Rizka Amelia Putri Damayanti (2023) Pengaruh student engagement dan metacognitive awareness terhadap learning performance mahasiswa akuntansi / RIZKA AMELIA PUTRI DAMAYANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai problematika dan tantangan pendidikan yang muncul terutama dalam proses pembelajaran seperti perilaku membolos pasif dalam kegiatan belajar dan kurangnya konsentrasi mahasiswa menjadi sebab pembelajaran tidak maksimal dan berdampak pada learning performance. Upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan student engagement dan metacognitive awareness di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh student engagement dan metacognitive awareness terhadap learning performance mahasiswa Akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanasi. Responden penelitian sebanyak 200 mahasiswa Departemen Akuntansi angkatan 2022 yang sedang menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 di Universitas Negeri Malang. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Adapun uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa student engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap learning performance. Selain itu metacognitive awareness juga berpengaruh positif signifikan terhadap learning performance. Sehingga apabila mahasiswa memiliki sikap student engagement dan metacognitive awareness yang tinggi maka learning performance mahasiswa akan semakin baik. Oleh karena itu diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan tersebut dalam proses pembelajaran karena akan membantu mahasiswa untuk menjadi pembelajar mandiri dan mengetahui strategi belajar yang efektif sehingga learning performance yang dicapai dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 00:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300228

Actions (login required)

View Item View Item