Lusiana, Frida Lusiana (2023) Link and match pendidikan di sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi dengan dudika (dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja) / Frida Lusiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu prinsip pendidikan SMK adalah link and match dengan DUDIKA. Keberhasilan link and match pendidikan SMK Jurusan Akuntansi dengan DUDIKA dilihat dari bidang kerja dan karakteristik pekerjaan yang dilakukan oleh lulusan proses pembelajaran Akuntansi di SMK dan standar pekerjaan yang dibutuhkan oleh DUDIKA bidang Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeskplorasi pengalaman yang dialami lulusan SMK Jurusan Akuntansi selama menempuh pendidikan di SMK dan pengalaman kerja setelah menyelesaikan pendidikan di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Penelitian dilakukan terhadap lulusan SMK Jurusan Akuntansi dan subjek pendukung dari Guru dan Siswa SMK Jurusan Akuntansi serta DUDIKA bidang Akuntansi di Kota Madiun Jawa Timur. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat bidang kerja dan karakteristik pekerjaan dari lulusan SMK Jurusan Akuntansi masih berada di luar bidang Akuntansi. Namun proses pembelajaran Akuntansi yang dilaksanakan di SMK menghasilkan kompetensi kerja yang sudah sesuai dengan standar pekerjaan Akuntansi yang dibutuhkan DUDIKA. Alasan lulusan pada akhirnya melakukan pekerjaan di luar bidang Akuntansi adalah adanya ketersediaan lowongan pekerjaan di luar bidang Akuntansi membutuhkan segera pekerjaan daripada menganggur dan ketertarikan untuk bekerja di luar bidang Akuntansi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/300225 |
Actions (login required)
View Item |