Susanti, Asri (2023) Pengaruh digital literacy, self-directed learning, dan creative thinking terhadap prestasi belajar peserta didik dengan self-efficacy sebagai variabel moderasi / Asri Susanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh digital literacy self-directed learning dan creative thinking terhadap prestasi belajar serta menguji pengaruh digital literacy self-directed learning dan creative thinking terhadap prestasi belajar yang dimoderasi self-efficacy. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Populasi penelitian adalah 359 peserta didik Akuntansi di SMK Negeri 1 Ngawi dengan metode purposive sampling didapat 107 peserta didik sebagai sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa digital literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar namun self-efficacy tidak dapat memoderasi pengaruh digital literacy terhadap prestasi belajar. Penelitian ini juga berhasil menunjukkan bahwa self-directed learning berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar dan self-efficacy terbukti dapat memperkuat pengaruh self-directed learning terhadap prestasi belajar. Kemampuan creative thinking juga berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar dan self-efficacy mampu memperkuat pengaruh creative thinking terhadap prestasi belajar. Oleh karena itu peserta didik harus dapat meningkatkan kemampuan digital literacy self-directed learning creative thinking dan self-efficacy agar prestasi belajar semakin meningkat. Peran guru juga sangat dibutuhkan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk merangsang peningkatan kemampuan digital literacy self-directed learning creative thinking dan self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/300205 |
Actions (login required)
View Item |