Pengaruh self-efficacy dan social support terhadap academic stress (studi pada mahasiswa akuntansi tahun pertama) / Arthie Nityasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self-efficacy dan social support terhadap academic stress (studi pada mahasiswa akuntansi tahun pertama) / Arthie Nityasari

Nityasari, Arthie Nityasari (2023) Pengaruh self-efficacy dan social support terhadap academic stress (studi pada mahasiswa akuntansi tahun pertama) / Arthie Nityasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan social support terhadap academic stress pada mahasiswa akuntansi tahun pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa akuntansi angkatan 2020 di Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang yang ditentukan melalui teknik proporsional random sampling dan diperoleh sampel sebesar 228 mahasiswa. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner melalui google form. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yakni uji t (uji parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel self-efficacy berpengaruh negatif terhadap academic stress. Namun variabel social support tidak berpengaruh terhadap academic stress. Penelitian ini memiliki keterbatasan diantaranya variabel self-efficacy yang berpengaruh kecil terhadap academic stress. Menindaklanjuti hasil penelitian ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy agar meminimalisir terjadinya academic stress. Dengan cara membangun kepercayaan diri mengelola pikiran dan emosi serta menghadapi rasa takut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300204

Actions (login required)

View Item View Item