Pengaruh layanan purna jual terhadap citra produk : studi kasus pada konsumen Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar / oleh Rahmad Eko Wahyudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh layanan purna jual terhadap citra produk : studi kasus pada konsumen Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar / oleh Rahmad Eko Wahyudianto

Rahmad Eko Wahyudianto (2009) Pengaruh layanan purna jual terhadap citra produk : studi kasus pada konsumen Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar / oleh Rahmad Eko Wahyudianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di dalam suatu proses keputusan pembelian konsumen tidak akan berhenti sampai hanya dengan proses konsumsi. Konsumen akan melakukan proses evaluasi terhadap konsumsi yang telah dilakukannya sehingga konsumen akan menemukan produk yang benar-benar memiliki citra berkualitas dan pelayanan yang memuaskan. Salah satu layanan yang diharapkan konsumen adalah layanan purna jual yang mencakup penyerahan setelah pembelian jasa konsultasi fasilitas perbaikan dan garansi. Penelitian ini ingin mengetahui apakah layanan purna jual tersebut mampu mempengaruhi citra produk hususnya bagi konsumen produk sepeda motor merk Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar. Jenis penelitian ini menurut pendekatannya merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah layanan purna jual yang terdiri dari sub variabel penyerahan setelah pembelian (X1) jasa konsultasi (X2) fasilitas perbaikan (X3) dan garansi (X4). Sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah citra produk. Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen sepeda motor merk Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Sakti Motor Blitar selama tiga bulan mulai bulan Januari-Maret 2006 sebanyak 150 orang. Sedangkan jumlah sampel diperoleh sejumlah 60 orang dengan mengabaikan usia dan jenis kelamin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan accidental sampling dimana responden secara kebetulan bertemu dengan peneliti pada waktu membeli sepeda motor Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penyerahan setelah pembelian jasa konsultasi fasilitas perbaikan (servis) dan garansi secara parsial terhadap citra produk sepeda motor merk Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Sakti Motor Blitar. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penyerahan setelah pembelian jasa konsultasi fasilitas perbaikan (servis) dan garansi secara simultan terhadap citra produk sepeda motor merk Yamaha Mio di UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar. (3) Layanan purna jual mempunyai pengaruh terhadap citra produk sebesar 85% sedangkan 15% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini (4). Variabel yang dominan mempengaruhi citra produk di UD. Kembang Arum Jaya i Motor Blitar adalah pemberian garansi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan pada UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar adalah (1) Pihak manajemen perlu melakukan inovasi berupa kedisiplinan dan tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaan (masuk sesuai dengan jam kerja sikap ramah dan peduli terhadap konsumen dan mampu bekerjasama dalam tim) yang mempertimbangkan layanan purna jual sebagai bagian dari program pemasaran. Sehingga kualitas layanan yang menyertainya dapat dijadikan sebagai pembeda dan sebagai keunggulan produk perusahaan.(2) Hendaknya UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar lebih memperhatikan layanan purna jual yang berupa jasa konsultasi terhadap konsumen misalnya dengan memberikan informasi yang diperlukan konsumen tentang produk memberikan saran tentang perbaikan produk kepada konsumen dan memberikan saran tentang pemeliharaan produk kepada konsumen. Hal ini didasarkan atas hasil penelitian yang menyebutkan bahwa jasaa konsultasi yang diberikan UD. Kembang Arum Jaya Sakti Motor merupakan salah satu layanan purna jual yang memberikan pengaruh paling rendah terhadap citra produk sepeda motor merk Yamaha Mio. (3) UD. Kembang Arum Jaya Motor Blitar dapat menyediakan kotak saran yang mungkin sangat membantu dan mendukung dalam mempertahankan layanan purna jual serta meningkatkannya sesuai dengan saran-saran yang diberikan oleh setiap konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30000

Actions (login required)

View Item View Item