Pengembangan media pembelajaran CD interaktif dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan materi gaya di kelas V semester II SDN Kesatrian II Malang / Siswi Pujiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran CD interaktif dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan materi gaya di kelas V semester II SDN Kesatrian II Malang / Siswi Pujiningsih

Pujiningsih, Siswi (2012) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan materi gaya di kelas V semester II SDN Kesatrian II Malang / Siswi Pujiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media cd interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) gaya. Media pembelajaran CD interaktif merupakan perwujudan dari multimedia pebelajaran karena penyampaiannya memadukan unsur audio visual serta interaktivitas sehingga dapat mempermudah dan menarik minat siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 26 Januari 2012 diketahui bahwa cara penyampaian materi oleh guru di SDN Kesatrian II Malang terutama untuk mata pelajaran IPA ini masih bersifat tradisional. Selain itu kurangnya keinginan guru untuk memanfaatkan media ketika menyampaikan materi kepada siswa meskipun terdapat berbagai fasilitas yang mendukung dalam penggunaan media. Kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dapat menghambat ketercapaian belajar siswa. Oleh karena itu pengembang membuat alternatif pilihan media pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran CD interaktif. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran CD interaktif yang layak dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami sebagai media dalam mempelajari IPA materi Gaya di kelas V Semester II SDN Kesatrian II Malang. Pengembangan media pembelajaran CD interaktif ini divalidasi oleh seorang ahli materi dua orang ahli media uji coba individual sebanyak tiga siswa uji coba kelompok kecil sebanyak enam siswa dan uji coba lapangan sebanyak tiga puluh delapan siswa. Penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa media pembalajaran CD interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA di kelas V semester II di SDN Kesatrian II Malang. Kesimpulan tersebut didukung berdasarkan hasil analisis data sebagai berikut validasi ahli materi (97 5%) valid ahli media (87 5%) valid serta uji coba yang dilakukan kepada siswa perorangan (94 1%) valid siswa kelompok kecil (92 9%) valid siswa kelompok besar (91 78%) valid. Dan uji coba sebenarnya kepada siswa kelas V SDN Kesatrian II Malang dengan hasil (87 42%) dinyatakan valid. Pengembang menyarankan dengan adanya pengembangan media pembelajaran CD interaktif untuk Sekolah Dasar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan alternatif media yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item