Pengaruh faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen : studi terhadap produk-produk Distribution Store (Distro) pada Anthem Distro / oleh Deddy Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen : studi terhadap produk-produk Distribution Store (Distro) pada Anthem Distro / oleh Deddy Irawan

Deddy Irawan (2009) Pengaruh faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen : studi terhadap produk-produk Distribution Store (Distro) pada Anthem Distro / oleh Deddy Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kaum muda merupakan salah satu elemen masyarakat yang mempunyai respon konsumsi yang cukup tinggi terutama untuk produk-produk yang terkategori sebagai shooping goods sehingga para pemasar banyak yang menjadikan kaum muda sebagai segmen pasar sasaran dari produk-produk mereka. Dikota-kota besar kemudian mulai muncul Factory Outlet Butik dan Departement Store yang menawarkan produk shooping goods. Namun karena tingginya tingkat produksi yang dihasilkan oleh para pemasar untuk suatu produk tertentu menyebabkan banyak kesamaan dari produk yang dihasilkan tersebut sehingga menyebabkan kejenuhan pasar. Hal ini yang kemudian menyebabkan munculnya outlet sajian baru yang dikenal dengan Distribution Store atau Distro. Respon yang antusias dari kawula muda menyebabkan pertumbuhan Distro di kota-kota besar menunjukkan kisaran angka yang cukup tinggi hal ini disebabkan karena produk yang ditawarkan Distro berbeda. Perbedaan itu adalah produk yang ditawarkan jumlahnya sangat terbatas dalam setiap itemnya sehingga terkesan produk yang eksklusif dan harga yang ditawarkan cukup terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pengaruh budaya terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang (2) Bagaimana pengaruh kelas sosial terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang (3) Bagaimana pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang (4) Bagaimana pengaruh budaya kelas sosial dan kelompok acuan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang (5) Pengaruh apakah yang paling dominan dalam faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang. Populasi dari penelitian ini adalah semua orang yang melakukan pembelian pada Anthem distro pada saat penelitian ini berlangsung sehingga sampel yang digunakan peneliti adalah accidental sampling yaitu memberikan kuisioner kepada responden yang secara kebetulan dijumpai peneliti. Untuk analisis data digunakan persentase dan uji-t dengan taraf signifikansi 0 05 (5%) untuk mengetahui perbedaan variabel dengan dibantu komputer Program SPSS 12 for Windows Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor budaya berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang dengan thitung 2 231. Untuk Kelas sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang dengan nilai thitung 3 549. Untuk Kelompok acuan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang dengan nilai thitung 3 678. Dari ketiga faktor tersebut ternyata berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk-produk Distro di Kota Malang dengan nilai Fhitung 24 660. dan untuk faktor yang paling berpengaruh adalah kelompok acuan dengan nilai 61538 0 517 dan tingkat signifikansi 0 000 Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada pihak Anthem Distro untuk terus meningkatkan rangsangan pemasaran yaitu melalui marketing mix yang disesuaikan dengan yang diminta konsumen selain itu sebaiknya terus memantau perkembangan trend yang terjadi dan senantiasa berubah di lingkungan anak muda dan lingkungan indie dan pihak Anthem harus terus menggali potensi-potensi kreativitas indie yang ada dalam berbagai komunitas indie untuk kemudian bekerja sama dalam bentuk penyaluran produk serta melakukan paten terhadap merk demi terjaga keaslian produk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29999

Actions (login required)

View Item View Item