Trisiani, Rena Trisiani (2023) Pembelajaran problem based learning dengan berbantuan aplikasi trello mampu meningkatkan hasil belajar siswa / Rena Trisiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa masih menjadi salah satu permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Begitu pula dengan pasifnya siswa selama pembelajaran berlangsung juga salah satu permasalahan yang masih dihadapi guru pada saat ini. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah diperlukannya model dan metode baru yaitu model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan aplikasi Trello. Maka dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajadan problem based learning berbantuan aplikasi Trello dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di kelas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui beberapa metode yaitu observasi wawancara guru dan siswa pre test dan post test serta catatan lapangan. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa setelah digunakan mode pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi berbasis web Trello dengan mengikuti sintaks problem based learning. Terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah digunakannya model pembelajaran problem based learning dikarenakan siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan mudah. Peningkatan ini terlihat pada siklus II penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/299966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |