Pengaruh Me-Too Product terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk agar-agar : studi pada konsumen Bentar Dipayana Swalayan Blitar / oleh Anny Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Me-Too Product terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk agar-agar : studi pada konsumen Bentar Dipayana Swalayan Blitar / oleh Anny Kusumawati

Anny Kusumawati (2009) Pengaruh Me-Too Product terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk agar-agar : studi pada konsumen Bentar Dipayana Swalayan Blitar / oleh Anny Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemasan merupakan alat pemasaran yang potensial bagi suatu produk. Kemasan yang terancang dengan baik dapat memberikan nilai kenyamanan bagi konsumen dan nilai promosi bagi produsen. Kemasan yang menarik dapat merangsang keputusan pembelian konsumen untuk mencoba menggunakan produk tersebut. Me-too products merupakan suatu konsep yang membuat kemasan mirip dengan kemasan produk pesaing. Konsep ini sering digunakan oleh para pesaing yang berusaha membuat kemiripan dengan produk pemimpin pasar. Hal ini terjadi karena banyaknya perusahaan yang menawarkan produk dengan jenis yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh me-too products yang meliputi warna kemasan bentuk kemasan simbol kemasan logo kemasan dan ukuran kemasan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Agar-Agar pada Bentar Dipayana Swalayan Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Bentar Dipayana swalayan Blitar dengan jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup yang telah menyadiakan alternatif-alternatif jawaban. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan program SPSS for windows release 11.0. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis data regresi berganda maka dapat diketahui hasil penelitian yang menyatakan (1)Warna kemasan produk Agar-Agar berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian (sig. t 0 000) (2) Bentuk kemasan produk Agar-Agar berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian (sig. t 0 020) (3) Simbol kemasan produk Agar-Agar berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian (sig. t 0 001) (4) Logo kemasan produk Agar-Agar berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian (sig. t 0 002) (5) Ukuran kemasan produk Agar-Agar berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian (sig. t 0 001) Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan antara warna kemasan (X1) bentuk kemasan (X2) simbol kemasan (X3) logo kemasan (X4) dan ukuran kemasan (X5) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen telah terbukti. Saran yang dapat disimpulkan penulis setelah melakukan penelitian ini adalah (1) Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 variabel me-too products dinyatakan signifikan. Hal ini berarti bahwa konsumen Bentar Dipayana Swalayan loyal terhadap suatu merek tertentu. Oleh karena itu Bentar Dipayana Swalayan harus lebih memperhatikan merek yang mereka jual. (2) Meskipun loyal terhadap merek yang dibeli hendaknya diperhatikan masa kadaluarsanya dan semua infomasi yang tertera pada kemasan produk yang dibeli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29995

Actions (login required)

View Item View Item