Pengaruh faktor lingkungan dan perbedaan perilaku individu terhadap keputusan pembelian produk assesories : studi pada Toko Dunass (Dunia Assesories) Jalan Merdeka No. 96 Blitar / oleh Herlinda Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor lingkungan dan perbedaan perilaku individu terhadap keputusan pembelian produk assesories : studi pada Toko Dunass (Dunia Assesories) Jalan Merdeka No. 96 Blitar / oleh Herlinda Ratnasari

Herlinda Ratnasari (2009) Pengaruh faktor lingkungan dan perbedaan perilaku individu terhadap keputusan pembelian produk assesories : studi pada Toko Dunass (Dunia Assesories) Jalan Merdeka No. 96 Blitar / oleh Herlinda Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan lingkungan berpengaruh pada perubahan perilaku konsumen yang menyebabkan manajemen pemasaran dituntut untuk selalu mengetahui perilaku konsumen diwaktu yang akan datang. Perilaku konsumen mencerminkan mengapa seorang konsumen membeli dan bagaimana seorang konsumen tersebut memilih dan membeli suatu produk. Dengan mengkaji perilaku konsumen perusahaan dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Keputusan yang diambil oleh konsumen dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan faktor psikologis individu itu sendiri. Lingkungan yang mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian adalah budaya kelas sosial pengaruh pribadi keluarga dan situasi. Perusahaan dapat mempengaruhi konsumen dengan periklanan yang menarik melalui media cetak maupun media elektronik dengan memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kegunaan produk. Sedangkan faktor psikologi yang berpengaruh antara lain motivasi pembelajaran serta kepercayaan dan sikap. Semua faktor yang mempengaruhi dalam membeli produk assesoris sangat berpengaruh terhadap proses keputusan yang diambil oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan dan perbedaan perilaku individu terhadap keputusan pembelian produk assesoris di Toko Dunass Blitar secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang mana dalam rancangan tersebut akan dapat diketahui apakah ada pengaruh antara faktor lingkungan dan perbedaan perilaku individu dengan keputusan pembelian. Diharapkan hasil penelitian ini dapat berguna bagi perkembangan dan kemajuan Toko Dunass Blitar. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (faktor lingkungan dan perbedaan perilaku individu). Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli di Toko DUNASS bulan Agustus 2006 sampai Oktober 2006 sebanyak 1000 konsumen.. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0 000 yang berarti koefisien regresi signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif yang signifikan faktor lingkungan dan perbedaan perilaku individu terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk assesoris di Toko Dunass Blitar secara parsial dan simultan. (2) Faktor yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk assesoris di DUNASS adalah faktor Perbedaan Perilaku Individu. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan pada pemilik Toko DUNASS adalah (1) produk yang dijual kepada konsumen merupakan produk yang diinginkan oleh konsumen baik model (design) warna merk dan sebagainya. Untuk memperoleh semua itu pengusaha sebaiknya menerima saran dan kritik dari konsumen. Informasi yang telah didapat dapat dijadikan pertimbangan bagi pengusaha Assesoris Toko DUNASS agar dimasa yang akan datang lebih memikat konsumen agar konsumen tidak beralih ke toko lain atau ketempat lain. (2) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Perbedaan Perilaku Individu memiliki pengaruh yang dominan maka hendaknya pemilik Toko DUNASS tetap memperhatikan faktor perbedaan perilaku individu. Misalnya dengan menyesuaikan harga assesories sesuai dengan keadaan ekonomi konsumen di Kota Blitar selalu mengikuti perkembangan jaman dengan menjual model yang menarik dan variatif memberikan potongan harga (diskon) bagi konsumen yang membeli dalam jumlah banyak. (3) Promosi melalui iklan radio spanduk brosur sangat perlu dilakukan untuk sebuah usaha apalagi ini merupakan sebuah usaha penjualan Assesoris dimana persaingannya sangat ketat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29990

Actions (login required)

View Item View Item