Pengaruh komunikasi dalam organisasi terhadap kinerja karayawan melalui kepuasan kerja : studi kasus pada karyawan bagian produksi Pabrik Kertas CV. Setia Kawan Tulungagung / oleh Neny Ayu Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh komunikasi dalam organisasi terhadap kinerja karayawan melalui kepuasan kerja : studi kasus pada karyawan bagian produksi Pabrik Kertas CV. Setia Kawan Tulungagung / oleh Neny Ayu Permatasari

Neny Ayu Permatasari (2009) Pengaruh komunikasi dalam organisasi terhadap kinerja karayawan melalui kepuasan kerja : studi kasus pada karyawan bagian produksi Pabrik Kertas CV. Setia Kawan Tulungagung / oleh Neny Ayu Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini telah banyak organisasi yang berdiri dan berkembang sukses baik dalam skala kecil maupun besar. Organisasi sendiri merupakan suatu alat dimana orang-orang mempersatukan kecakapan dan usaha mereka untuk mencapai tujuan bersama. Sering dijumpai bahwa karyawan kurang terpuaskan hatinya dalam melaksanakan tugasnya karena informasi mengenai prosedur kerja yang disampaikan pimpinan kurang dapat dipahami. Sehingga karyawan cenderung merasa khawatir segan dan takut dalam melaksanakan tugasnya. Dengan adanya perasaan-perasaan tersebut dalam melaksanakan tugas mengakibatkan kinerja karyawan menjadi menurun. Salah satu jalan untuk mengatasi semua ini adalah dengan saluran komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam tentang komunikasi dalam organisasi yang ada di Pabrik Kertas CV Setia Kawan Tulungagung guna meningkatkan kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu bentuk terapan dari analisis regresi berganda (multiple regression analysis. Tujuan dari analisis jalur ini adalah menentukan pengaruh langsung dan tidak langsung diantara sejumlah variabel. Lokasi penelitian ini berada pada Pabrik Kertas CV Setia Kawan Tulungagung dan dilaksanakan sejak bulan Mei 2006. Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi (sebagai responden) dan karyawan bagian HRM. Penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu komunikasi dalam organisasi (X) variabel interfening yaitu kepuasan kerja (Y) dan variabel terikat yaitu kinerja (Z). Dalam penelitian ini data yang diperoleh menggunakan beberapa cara antara lain angket atau kuesioner wawancara atau interview dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang telah teruji sehingga uji coba kuesioner untuk menguji instrumen tidak dilakukan. Sedangkan untuk uji validitas dan reliabilitas tetap dilakukan untuk menguji validitas dan relibilitas data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi Pabrik Kertas CV Setia Kawan Tulungagung yang berjumlah 245 orang. Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 71 orang dan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keempat hipotesis alternatif yang diajukan adalah diterima. Ini terdiri dari pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Hasil pengaruh langsung diperoleh 946 0 371 untuk komunikasi dalam organisasi terhadap kinerja 946 0 465 untuk kepuasan kerja terhadap kinerja untuk komunikasi dalam organisasi memiliki 946 0 708 terhadap kepuasan kerja. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung dihasilkan sebesar 0 329 yaitu hasil dari pengaruh tidak langsung komunikasi dalam organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Selain itu hasil dari total pengaruh dan total pengaruh tidak langsung sebesar 0 7. Penelitian ini memiliki keterbatasan-keterbatasan yang penting untuk diketahui terutama untuk digunakan sebagai pertimbangan penelitian yang selanjutnya. Keterbatasan-keterbatasan itu antara lain meskipun ukuran perusahaan jika dilihat dari luar cukup besar tetapi karena tempatnya yang terpencil menjadikan masyarakat luas belum mengenalnya karyawan bagian produksi yang digunakan sebagai sampel memiliki pendidikan yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi dalam penjelasan dan pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian disarankan antara atasan dengan bawahan pada Pabrik Kertas CV Setia Kawan Tulungagung lebih sering meningkatkan koordinasi (mengadakan sharing) sehingga setiap kegiatan berjalan dengan baik karena dapat mengerti perasaan dari karyawan mulai dari masalah pekerjaan rekan sekerja sampai masalah kesesuian upah secara periodik para atasan (direktur manager kapala bagian) lebih sering terjun langsung ke lapangan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan kinerja pimpinan memperhatikan keluhan-keluhan dari para karyawan. Selain itu peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya diutamakan mengambil obyek penelitian pada organisasi yang besar dan sudah dikenal oleh masyarakat luas selanjutnya yang digunakan untuk sampel disarankan karyawan-karyawan yang memiliki pendidikan setingkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item