Pengaruh Brand Extension pada merek hansaplast terhadap keputusan pembelian konsumen di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / oleh Ita Widayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Brand Extension pada merek hansaplast terhadap keputusan pembelian konsumen di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / oleh Ita Widayati

Widayati, Ita (2005) Pengaruh Brand Extension pada merek hansaplast terhadap keputusan pembelian konsumen di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / oleh Ita Widayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiarini Astri. 2008. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Loyalitas Merek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pengguna Kartu Flexi Trendy). Skripsi Jurusan S1-Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd. M.Si. (II) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si. Kata kunci brand awareness brand image loyalitas merek Merek mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan karena merek memberikan nilai sehingga nilai total produk yang bermerek baik menjadi lebih tinggi dibandingkan produk yang semata-mata dinilai secara objektif. Untuk menghadapi persaingan di pasar sangat penting bagi perusahaan mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan yaitu dengan menempatkan mereknya menjadi merek yang selalu dipilih konsumen. Keunggulan kompetitif berkelanjutan adalah membentuk brand awareness (kesadaran merek) yang baik dimata konsumen dan brand image (citra merek) yang baik dibenak konsumen. Brand awareness dan brand image yang baik akan membentuk kesan kualitas terhadap suatu merek yang pada akhirnya akan dapat menciptakan loyalitas konsumen terhadap merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image terhadap loyalitas merek kartu Flexi Trendy dan diharapkan dapat digunakan oleh PT Telkom Indonesia tbk. sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam usahanya melakukan pembangunan brand awareness dan brand image agar loyalitas konsumen terhadap merek kartu Flexi Trendy dapat terjaga bahkan meningkat. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna kartu Flexi Trendy. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda dengan bantuan komputer melalui program SPSS 10.00 for Windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan brand awareness terhadap loyalitas merek dengan nilai 61538 0 983 (2) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan brand image terhadap loyalitas merek dengan nilai 61538 0 196 dan (3) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan brand awreness dan brand image secara simultan terhadap loyalitas merek dengan nilai Fhitung 2375 30 dengan tingkat signifikansi F 0 000 dan nilai Adjusted R Square 0 985 artinya loyalitas terhadap merek 98 5% dipengaruhi oleh brand awareness dan brand image dan sisanya sebesar 1 5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Saran yang bisa diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh adalah (1) Perlu adanya peningkatan hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan melalui pengadaan program acara hiburan khusus di televisi yang melibatkan pelanggan (2) Perlu adanya inovasi terus menerus sehingga kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi (3) Perlu adanya peningkatan timbal balik antara perusahaan dengan pelanggan melalui pengembangan dan peningkatan kualitas layanan agar pelanggan merasa nyaman ketika memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga harga yang dibayarkan oleh pelanggan sepadan dengan manfaat yang diperolehnya (4) Perlu adanya peningkatan kepercayaan antara perusahaan dengan pelanggan melalui peningkatan kualitas dan layanan kartu Flexi Trendy sehingga pelanggan semakin percaya terhadap kartu Flexi Trendy yang secara langsung juga meningkatkan kepercayaan terhadap PT Telkom Indonesia tbk. dan (5) Peneliti berikutnya yang ingin melakukan penelitian lebih jauh tentang brand awareness dan brand image merek kartu Flexi Trendy pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang serta pengaruhnya terhadap loyalitas merek hendaknya tidak hanya menggunakan variabel dependen dan variabel independen yang sama dengan penelitian ini tetapi dikembangkan menggunakan variabel lain di luar penelitian ini yaitu keputusan pembelian kepuasan perceived quality (persepsi kualitas) dan dimensi kualitas jasa yang relevan dengan tujuan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29975

Actions (login required)

View Item View Item