Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis power point dan ispring pro pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Rizal Zaky Mubarok - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis power point dan ispring pro pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Rizal Zaky Mubarok

Rizal Zaky (2016) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis power point dan ispring pro pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Rizal Zaky Mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubarok RizalZaky. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia InteraktifBerbasisPowerpointdaniSpring Pro Pada Mata PelajaranPengantarAdministrasiPerkantoran(StudipadaSiswaKelas X AdministrasiPerkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi).Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.M. (II) Dr. WeningPatmiRahayu S.Pd M.M. Kata Kunci Pengembangan Media Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Microsoft Powerpoint iSpring Pro. Media pembelajaranmerupakansalahsatufaktor yang pentingdalammendukungkeberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancaradengan guru matapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorandiperoleh informasi bahwa guru menggunakan buku dalam menyampaikan materi pembelajaran sarana sekolah seperti LCD proyektor belum digunakan secara maksimal sehingga siswa cenderung mencatatdanmendengarkan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikelayakanmultimedia interaqktifberbasispowerpointdaniSpring ProsebagaisumberbelajarpadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantorandi SMK Muhammadiyah 7Gondanglegi. Metodepengembangan yang digunakanadalahmetodeprosedural yang diapdatasidari model pengembanganBorg and Gall dan 4-D. Penggabungandarikeduatahapanpenelitiandanpengembangantersebutmenghasilkanempattahaputamadalampenelitianiniyaitupendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) danpenyebarluasan (disseminate). Hasilpenelitianiniadalah media pembelajaran multimedia interaktifberbasisPowerpointdaniSpring Pro yang dikemasdalamsebuah CD (Compact Disk) danbukupanduanpenggunaan media. Mediainidivalidasioleh validator sebanyaktiga kali yaitusetelah produkawal setelahujicobakelompokkecil dansetelahpenerapanpadasiswasecaramenyeluruh (kelompokbesar).Berikutadalahhasil yang diperolehpadatahapterakhirvalidasi diantaranya validator ahlimaterisebesar 100% ahli media sebesar 100% uji coba kelompokkecilsebesar 90 6% dan hasil penerapan menyeluruh sebesar 93 6%. Dari hasiltersebutmakamedia yang dikembangkanlayakdigunakansebagaisumberbelajarpadamatapelajaranPengantarAdministrasiPerkantoran. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan yaitu (1) bagi guru matapelajaranPengantarAdministrasiPerkantoran media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium atau fasilitas LCD proyektor di dalam kelas. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran pada kompetensi dasar yang lain. (3) Video pembelajaran dapat dipilih yang memiliki resolusi tinggi. (4) Menggunakan lebih dari satu ahli materi dan ahli media agar media pembelajaran dapat lebih valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29971

Actions (login required)

View Item View Item