Implementasi metode gamifikasi berbantuan kahoot untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk / Ayu Citra Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode gamifikasi berbantuan kahoot untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk / Ayu Citra Sari

Sari, Ayu Citra Sari (2023) Implementasi metode gamifikasi berbantuan kahoot untuk meningkatkan hasil belajar siswa smk / Ayu Citra Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perkembangan teknologi pada industri games yang sangat disenangi anak-anak dan remaja sehingga membuat para guru bisa mendesain kegiatan pembelajaran yang kreatif dengan menggabungkan kesenangan siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar serta membuat suasana pembelajaran menyenangkan dapat menerapkan metode Gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Gamifikasi berbantuan Kahoot serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MPLB SMK 1 Boyolangu pada elemen Peralatan dan Aplikasi Teknologi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I berada pada kriteria ldquo baik rdquo dan di siklus II pada kriteria ldquo sangat baik rdquo . Hasil penelitian menunjukkan setelah menerapkan metode Gamifikasi berbantuan Kahoot hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian pembelajaran dengan metode Gamifikasi berbantuan Kahoot terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299499

Actions (login required)

View Item View Item