Analisis perbandingan tuntutan konten pelajaran produktif dengan pelaksanaan praktik kerja industri peserta didik otomatisasi dan tata kelola perkantoran (studi pada peserta didik kelas xii otkp smk muhammadiyah 2 pagak) / Vena Kholdaa Sutanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbandingan tuntutan konten pelajaran produktif dengan pelaksanaan praktik kerja industri peserta didik otomatisasi dan tata kelola perkantoran (studi pada peserta didik kelas xii otkp smk muhammadiyah 2 pagak) / Vena Kholdaa Sutanto

Sutanto, Vena Kholdaa Sutanto (2023) Analisis perbandingan tuntutan konten pelajaran produktif dengan pelaksanaan praktik kerja industri peserta didik otomatisasi dan tata kelola perkantoran (studi pada peserta didik kelas xii otkp smk muhammadiyah 2 pagak) / Vena Kholdaa Sutanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hambatan proses pembelajaran di sekolah SMK Muhammadiyah 2 Pagak yaitu ketidak sesuaian antara bekal yang siswa bawa dari sekolah dengan instansi kompetensi yang didapatkan di sekolah kurang dapat di aplikasikan di tempat industri sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuian dari pembelajaran produktif terhadap pelaksanaan prakerin. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menempuh langkah-langkah mempersiapkan instrument data pengumpulan data klasifikasi data analisis data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan dua macam triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian konten pelajaran produktif dengan prakerin pada kompetensi keahlian OTKP di SMK Muhammadiyah 2 Pagak terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana yang ditetapkan untuk mencapai tujuan. Tetapi beberapa masih terdapat hambatan yaitu belum match antara bekal yang siswa bawa dari sekolah dengan instansi dikarenakan kurangnya kebutuhan praktik di sekolah maka peneliti memberikan saran untuk pihak sekolah salah satunya dengan mengembangkan aplikasi arsip untuk kebutuhan praktik agar kebutuhan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat terpenuhi sehingga pembelajaran dapat efektif dan efesien. Kesesuaian konten pelajaran produktif dengan prakerin dalam penelitian ini mencakup 3 aspek yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299497

Actions (login required)

View Item View Item