Pengaruh self directed learning, internet self efficacy dan learning motivation peserta didik terhadap prestasi belajar / Kristina Martha Mite - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self directed learning, internet self efficacy dan learning motivation peserta didik terhadap prestasi belajar / Kristina Martha Mite

Mite, Kristina Martha Mite (2023) Pengaruh self directed learning, internet self efficacy dan learning motivation peserta didik terhadap prestasi belajar / Kristina Martha Mite. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju berdampak besar dalam dunia pendidikan. Dampak yang diberikan salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran yang dahulu harus berlangsung di dalam kelas namun saat ini kegiatan pembelajaran bisa dilakukan secara virtual. Kegiatan belajar dapat dilakukan di tempat dan waktu yang fleksibel tanpa batasan ruang dan waktu yaitu dengan belajar mandiri di rumah. Tentunya internet sebagai media belajar jarak jauh antara pendidik dengan peserta didik dan dalam hal ini juga peranan motivasi penting agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self directed learning. Internet self efficacy learning motivation terhadap prestasi belajar. Berdasarkan rumus Slovin diperoleh sampel 138 siswa. Data diperoleh dari survei memakai skala likert yang sudah diujikan valitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi linear berganda uji t dan uji f. Sesuai uji t diketahui nilai signifikansi variabel self directed learning(X1) adalah 0 003 dan variabel internet self efficacy(X2) adalah 0 011 dan variabel learning motivation (X3) adalah 0 165 maka variabel X1 X2 secara parsial berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Y sedangkan variabel X3 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan uji F diketahui nilai signifikansi 0 000 oleh karenanya variabel X berpengaruh pada variabel Y . Hasil penelitian ini secara parsial self directed learning internet self efficacy berpengaruh terhadap prestasi belajar sedangkan learning motivation tidak berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar. Secara simultan self directed learning internet self efficacy dan learning motivation berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299485

Actions (login required)

View Item View Item