Pengembangan media pembelajaran berbasis intagram sebagai penunjang efektivitas pembelajaran pada mapel dasar-dasar pemasaran di smk / Usriya Ni\'ma Futihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis intagram sebagai penunjang efektivitas pembelajaran pada mapel dasar-dasar pemasaran di smk / Usriya Ni\'ma Futihah

Futihah, Usriya Ni'ma Futihah (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis intagram sebagai penunjang efektivitas pembelajaran pada mapel dasar-dasar pemasaran di smk / Usriya Ni\'ma Futihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempermudah komunikasi antara guru dan siswa. Instagram sebagai media pembelajaran memberikan inovasi baru dalam dunia pendidikan agar guru dapat menyediakan materi dengan desain menarik dan menciptakan pembelajaran yang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memproduksi media pembelajaran berbasis Instagram yang layak serta mengetahui efektivitas penggunaannya dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X BD SMK Negeri 1 Pasuruan. Instrumen pengambilan data terdiri dari angket validasi ahli media dan ahli materi lembar pengamatan proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi diperoleh hasil sangat valid sehingga media ini dinyatakan layak digunakan. Penggunaan media pembelajaran berbasis Instagram ini dinyatakan efektif dengan respon siswa yang menunjukkan sangat tinggi atau positif hasil pengamatan tingkat keterlibatan siswa dalam proses belajar sangat baik serta hasil persentase ketuntasan belajar siswa dalam kategori tuntas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299482

Actions (login required)

View Item View Item