Education 4.0: mobile learning puputo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa smk / Tomy Irawan Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Education 4.0: mobile learning puputo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa smk / Tomy Irawan Mahardika

Mahardika, Tomy Irawan Mahardika (2023) Education 4.0: mobile learning puputo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa smk / Tomy Irawan Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan 4.0 merupakan integrasi teknologi dalam pendidikan salah satunya mobile learning. Situasi yang memaksa ini bukan karena pandemi COVID-19 semata tetapi sudah menjadi kebutuhan setiap pelajar mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan penelitian menghasilkan media pembelajaran mobile learning Puputo dan diujicobakan untuk mengetahui efektivitas Puputo dalam meningkatkan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian R amp D model Borg and Gall 10 tahapan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi ahli media serta peserta didik kelas X SMKN 1 Probolinggo yang terbagi dalam 2 kelas yaitu X Bisnis Digital 1 (Eksperimen) dan X Bisnis Digital 2 (Kontrol) sebagai subjek berpikir kritis. Hasil penelitian ini adalah mobile learning yang telah memperoleh hasil sangat valid dari ahli materi media dan kelompok percobaan kecil. Mobile learning Puputo juga dianggap efektif dan memungkinkan untuk digunakan sebagai materi pengajaran di SMK karena berdasarkan aplikasi mobile learning kemampuan berpikir siswa meningkat dengan skor 85% dengan kategori yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299450

Actions (login required)

View Item View Item