Triasmuni, Arfi (2023) Kinerja guru sebelum dan sesudah menerima tunjangan sertifikasi di SMK Negeri se-Kabupaten Sidoarjo.(hanya guru yang tersertifikasi) / Arfi Triasmuni</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Triasmuni Arfi. 2015. Kinerja Guru Sebelum dan Sesudah Menerima Tunjangan Sertifikasi Di SMK NEGERI Se-Kabupaten Sidoarjo.(Hanya Guru Yang Tersertifikasi).Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof.Dr.H.Heri Pratikto M.Si Pembimbing (II) Dr. Sopiah M.Pd M.M Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pemerintah telah melakukan beberapa cara seperti kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 tahun 2011 tentang Sertifikasi Guru yang artinya proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen. Kualifikasi akademik diperoleh melalui pendidikan tinggi progam sarjana (S1) atau diploma IV (D-IV) yang relevan. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi social dan kompetendi professional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Tujuan penelitihan adalah guna mengetahui kinerja guru sebelum dan sesudah menerima TPG terhadap empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Serta perbedaan dari kinerja guru sebelum dan sesudah menerima tunjangan profesi guru. Data dalam penelitian ini merupakan data yang diperoleh pada saat penelitian berlangsung yaitu dari Dinas Pendidikan Guru-guru yang sudah Tersertifikasi dan Kepala sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan uji sample T-test uji beda Uji ini bertujuan mengungkap apakah ada perbedaan rata-rata (mean) antara dua populasi dengan dasar dua sampel (Sugiama 2008 217). Uji beda t-test untuk membandingkan rata-rata grup yang tidak berhubungan dengan yang lain. Apakah terdapat persamaan atau tidak antar kedua grup tersebut secara signifikan (Ghozali 2011 64) Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja guru sebelum sertifikasi pada kommpetensi pedagogik memiliki skor rata-rata 57.89% kompetensi kepribadian memiliki skor 46.05% kompetensi sosial memiliki skor 39.47% sedangkan kompetensi profesional memiliki skor 44.74% maka dapat disimpulkan kinerja guru sebelum sertifikasi dikategorikan kurang baik. Sedangkan kinerja guru sesudah sertifikasi pada kompetensi pedagogik memiliki skor 53.95% kompetensi kepribadian memiliki skor 50.00% kompetensi sosial memiliki skor 48.68% sedangkan kompetensi profesional memiliki skor 43.42% maka dapat disimpulkan bahwa kinerja guru sesudah sertifikasi dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa Kinerja Guru Sebelum dan Sesudah Menerima Tunjangan Sertifikasi Guru terdapat perbedaan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/299210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |