Hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan di sma panjura malang / Rike Dwi Wahyuna - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan di sma panjura malang / Rike Dwi Wahyuna

Wahyuna, Rike Dwi Wahyuna (2021) Hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan di sma panjura malang / Rike Dwi Wahyuna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia dan lingkungan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Manusia senantiasa menggantungkan kebutuhan hidupnya pada lingkungan sedangkan lingkungan membutuhkan timbal balik dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia berupa upaya pelestarian. Lingkungan yang dijadikan sumber bagi kehidupan manusia tidak lepas dari permasalahannya.Salah satu upaya pencegahan terhadap timbulnya masalah lingkungan yaitu melalui pendidikan lingkungan. Tujuan utama dari adanya pendidikan lingkungan yaitu membentuk manusia yang memiliki kecakapan literasi lingkungan yang baik memiliki kepedulian dengan permasalahan lingkungan dan melakukan tindakan untuk menjaga lingkungan. Upaya yang dapat dilakukan guna mengetahui pemahaman seseorang terhadap suatu permasalahan lingkungan dan menemukan solusinya yaitu melalui pengukuran literasi lingkungan. Literasi lingkungan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu untuk berperilaku baik dalam kesehariannya dengan menggunakan pemahamannya terhadap lingkungan baik pada aspek pengetahuan sikap dan perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa SMA PANJURA Malang dalam literasi lingkungan mengetahui sikap siswa SMA PANJURA Malang dalam literasi lingkungan mengetahui perilaku siswa SMA PANJURA Malang dalam literasi lingkungan dan mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan di SMA PANJURA Malang. Rancangan penelitian ini merupakan jenis penelitian Expost facto dan bersifat korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Non Adiwiyata Kota Malang dan sampelnya adalah siswa di SMA PANJURA Malang. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen dari Middle School Environmental Literacy Survey (MSELS) yang telah diadaptasi. Instrumen ini menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan siswa dalam literasi lingkungan dan angket untuk mengukur sikap dan perilaku siswa dalam literasi lingkungan. Patokan penilaian literasi lingkungan pada aspek pengetahuan sikap dan perilaku siswa menggunakan nilai PAP di SMA PANJURA Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian di kelas X XI dan XII pada aspek pengetahuan menunjukkan bahwa jurusan IPA memiliki rata-rata nilai total pengetahuan sebesar 75 23 yang lebih tinggi daripada jurusan IPS dengan rata-rata nilai total pengetahuan sebesar 56 09. Pada aspek sikap menunjukkan bahwa jurusan IPA memiliki rata-rata nilai total sikap sebesar 71 17 yang lebih tinggi daripada jurusan IPS dengan rata-rata nilai total sikap sebesar 66 43. Pada aspek perilaku menunjukkan bahwa jurusan IPA memiliki rata-rata nilai total perilaku sebesar 74 00 lebih tinggi daripada jurusan IPS yang memiliki rata-rata nilai total perilaku 68 39. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik sebagai prasyarat dari uji regesi berganda yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Hasil dari uji normalitas dinyatakan bahwa nilai residual berdistribusi normal karena nilai signifikansi 0 148 ge 0 05. Hasil uji multikolinieritas menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antar variabel independen karena nilai VIF kurang dari 10 00 yaitu sebesar 1 051 dan nilai toleransi lebih besar dari 0 10 yaitu sebesar 0 952. Hasil dari uji heterokedastisitas menunjukkan bahwa pada grafik scatterplot didapatkan hasil dengan titik-titik menyebar dan tidak membentuk pola tertentu sehingga data penelitian dapat dikatakan bebas dari heterokedastisitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel pengetahuan tidak berpengaruh positif terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan karena nilai thitung X1 ttabel X1 (1 517 1 974) yang berarti bahwa H1ditolak dan H0 diterima nilai signifikansi X1 ge 0 05 (0 131 ge 0 05) yang berarti bahwa H1ditolak dan H0 diterima sedangkan variabel sikap berpengaruh positif terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan karena nilai thitung X2 gt ttabel X2 (11 183 gt 1 974) yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima nilai signifikansi X2 le 0 05 (0 00 le 0 05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji F menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap siswa secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap perilaku siswa dalam literasi lingkungan karena nilai Fhitung gt Ftabel (64 00 gt 3 05) yang berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan angka sebesar 43 4% yang berarti bahwa perilaku siswa dalam literasi lingkungan yang dipengaruhi oleh variabel pengetahuan dan sikap adalah sebesar 43 4% sedangkan 56 6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.Kemudian dilakukan perhitungan nilai sumbangan prediktor dan didapatkan hasil nilai sumbangan efektif (SE) pengetahuan (X1) terhadap perilaku (Y) adalah sebesar 0 9% dan nilai sumbangan efektif (SE) sikap (X2) terhadap perilaku (Y) adalah sebesar 42 5% yang berarti bahwa variabel sikap memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap variabel perilaku daripada variabel pengetahuan namun ternyata terdapat faktor/variabel lain yang juga memiliki kontribusi terhadap perilaku yaitu faktor Z. Faktor Z memiliki nilai yang lebih besar yaitu 56 6% daripada nilai dari variabel sikap terhadap perilaku (42 5%). Pengetahuan sikap dan perilaku siswa dalam literasi lingkungan di jurusan IPA lebih tinggi daripada jurusan IPS. Hubungan antara sikap dengan perilaku memiliki hubungan yang lebih besar daripada hubungan pengetahuan dengan perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299173

Actions (login required)

View Item View Item