Pengaruh model problem based learning berbantuan self assessment terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x sman 02 batu pada materi ekosistem / Nuriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbantuan self assessment terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x sman 02 batu pada materi ekosistem / Nuriyah

Nuriyah (2023) Pengaruh model problem based learning berbantuan self assessment terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas x sman 02 batu pada materi ekosistem / Nuriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuntutan keterampilan berpikir kritis pada abad XXI membuat siswa senantiasa dapat berpikir logis dan reflektif. Namun keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih kurang memuaskan dan berakibat pada hasil belajar kognitifnya. Berdasarkan studi pendahuluan pada siswa kelas X SMAN 02 Batu menempatkan hasil keterampilan berpikir kritis pada kategori kurang baik dengan rerata persentase pencapaian sebesar 39.02% dan hanya 44.4% dari 144 siswa yang telah tuntas hasil belajar kognitifnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbatuan self assessment terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 02 Batu. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kuasi eksperimen dan dilakukan dengan rancangan pre-test and post-test with non-equivalent control-group design sampel penelitian yaitu siswa kelas X-3 dijadikan kelas kontrol dan kelas X-6 dijadikan kelas eksperimen dengan pemilihan kelas menggunakan teknik random sampling. Lembar soal esai digunakan sebagai alat ukur untuk menilai keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji Ankova menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan self assessment terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai 0.038 dan 0.012.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299045

Actions (login required)

View Item View Item