Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis kehidupan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMAV 1 Bululawang pada materi sistem imun / Nabilla Rosha Mayyori</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis kehidupan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMAV 1 Bululawang pada materi sistem imun / Nabilla Rosha Mayyori</p>

Mayyori, Nabilla Rosha (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis kehidupan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMAV 1 Bululawang pada materi sistem imun / Nabilla Rosha Mayyori</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh siswa. Keterampilan berpikir kritis membantu siswa menyelesaikan berbagai permasalahan dan secara langsung berpengaruh terhadap hasil belajar. Fakta di SMAN 1 Bululawang menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa masih rendah dengan perolehan skor 2.5 dari skor maksimal 5. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kehidupan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Imun. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Bululawang tahun pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian eksperimen semu menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbasis kehidupan dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari pretest dan posttest berupa soal esai sedangkan data hasil belajar diperoleh dari ulangan harian berupa soal pilihan ganda dan esai materi Sistem Imun. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji normalitas homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis memiliki nilai siginifikansi 0.000 lt 0.05 dan nilai siginifikansi hasil belajar kognitif 0.001 lt 0.05. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kehidupan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Imun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299031

Actions (login required)

View Item View Item