Umami, Rizka (2012) Penerapan pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik team quiz untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang / Rizka Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Team quiz hasil belajar. Hasil wawancara dan observasi di kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang menunjukan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran biologi tergolong rendah. Hal tersebut terlihat dari data hasil belajar siswa kelas VII-A pada tengah semester sebelum dilakukan penelitian dari 28 siswa hanya terdapat 12 siswa atau 43% siswa yang tuntas belajar dengan rata-rata kelas sebesar 65 53. Hasil belajar yang rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pada pembelajaran biologi guru masih menerapkan metode ceramah guru kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berperan aktif siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan gaduh saat diterangkan. Dengan kondisi pembelajaran yang kurang kondusif seperti tersebut mengakibatkan materi yang diajarkan tidak diterima dengan baik oleh siswa dan berdampak pula pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu teknik pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan senang dalam proses pembelajaran. Salah satunya yaitu menerapkan pembelajaran aktif dengan teknik Team Quiz. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi catatan lapangan dan tes hasil belajar. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran aktif (active learning) dengan teknik Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif dengan teknik Team Quiz pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 13 03 dari siklus I yang berjumlah 69 64 menjadi 82 67. Persentase pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75 63% menjadi 85%. Persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69 84% menjadi 77 18%. Sedangkan persentase aktivitas mengajukan pertanyaaan siswa meningkat dari 71 43% menjadi 100% dan persentase aktivitas menjawab pertanyaaan siswa meningkat dari 64 28% menjadi 85 71%. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi sekolah pembelajaran aktif dengan teknik team quiz ini bisa menjadi alternatif variasi pembelajaran di sekolah dalam hal meningkatkan hasil belajar siswa (2) bagi guru hendaknya memilih mata pelajaran dan materi pelajaran yang tepat dan sesuai apabila ingin menerapkan teknik team quiz (3) guru harus paham dengan langkah-langkah serta kekurangan dalam menerapkan teknik team quiz.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/299 |
Actions (login required)
View Item |