Pengembangan bahan ajar berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berbantuan video visualisasi animasi 3d pada materi struktur atom / Nuril Izza Mu\'min</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berbantuan video visualisasi animasi 3d pada materi struktur atom / Nuril Izza Mu\'min</p>

Mu'min, Nuril Izza (2023) Pengembangan bahan ajar berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berbantuan video visualisasi animasi 3d pada materi struktur atom / Nuril Izza Mu\'min</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Struktur atom merupakan satu diantara materi kimia yang penting untuk diajarkan kepada siswa. Pada kenyataannya tidak sedikit siswa yang mengatakan bahwa struktur atom menjadi materi kimia yang sulit untuk dipahami. Metode pembelajaran serta bahan ajar yang masih konvensional menjadi salah satu penyebab siswa kesulitan mempelajari materi struktur atom. Hal tersebut dapat memicu adanya kesalahan pemahaman konsep pada materi kimia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis POGIL berbantuan video visualisasi animasi 3D pada materi struktur atom yang valid serta untuk mengetahui respon guru dan siswa melalui hasil pengembangan bahan ajar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang termasuk dalam kelompok Research and Development (R amp D) dimana model pengembangan ADDIE memiliki tahapan yaitu menganalisis (analysis) merancang (design) mengembangkan (development) mengimplementasi (implementation) dan mengevaluasi (evaluation). Tahap implementasi dilakukan sebatas mengetahui respon guru dan siswa terhadap pembelajaran struktur atom. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 SMA Islam Al-Ma rsquo arif Singosari. Hasil penelitian berupa bahan ajar berbasis POGIL berbatuan video visualisasi animasi 3D pada materi struktur atom yang didasarkan dari uji validasi materi dan media uji validasi praktisi lapangan uji keterbacaan respon guru dan respon siswa. Uji validasi para ahli memperoleh skor 99 31% untuk validasi materi 100 00% untuk validasi media dan 94 61% untuk validasi praktisi lapangan. Ketiga hasil skor tersebut berkategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan memperoleh skor yaitu 97 11% dengan kriteria mudah dipahami. Hasil respon guru dan respon siswa berurutan memperoleh skor 91 67% dan 96 23% dengan kriteria sangat baik yang mengartikan respon pada pembelajaran struktur atom yaitu sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298904

Actions (login required)

View Item View Item