Pengembangan multimedia interaktif simulasi sel volta berbasis webgl / Muh. Hanif Mualifi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif simulasi sel volta berbasis webgl / Muh. Hanif Mualifi

Mualifi, Muh. Hanif Mualifi (2023) Pengembangan multimedia interaktif simulasi sel volta berbasis webgl / Muh. Hanif Mualifi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif simulasi sel Volta menggunakan teknologi WebGL sebagai platform utama. Sel Volta adalah konsep penting dalam ilmu kimia yang memiliki konsep abstrak yang memerlukan pendekatan multilevel representasi mencakup aspek makroskopis submikroskopis dan simbolis untuk memahaminya dengan lebih mendalam. Siswa cenderung menyukai media pembelajaran yang berbasis web dibandingkan aplikasi dan media cetak serta memerlukan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan konsep. Dalam hal ini visualisasi konsep memerlukan animasi dengan banyak komponen bergerak di setiap frame-nya. WebGL diterapkan sebagai platform utama karena memiliki performa tinggi dalam me-render grafis demi meminimalisir lagging yang mungkin terjadi pada berbagai perangkat. Penelitian ini mengadaptasi 4 tahap model pengembangan ADDIE yaitu Analyze Design Develop dan Evaluate. Tahap Analyze dilakukan analisis secara deskriptif yang bersumber dari instrumen analisis kebutuhan wawancara penilaian kondisi lapangan studi literatur capaian pembelajaran (CP) kurikulum merdeka (KM) produk-produk simulasi sel Volta dan teknologi yang telah ada. Tahap Design menghasilkan indikator pencapaian dan spesifikasi produk yang diharapkan pembuatan flowchart pembuatan storyboard desain aset ilustrasi dan animasi serta pengkodean set perintah komputer. Tahap Develop menghasilkan produk yang sudah divalidasi oleh para ahli serta dapat dibaca oleh siswa. Validasi melibatkan seorang ahli media pembelajaran dosen kimia dan guru kimia. Sementara itu uji keterbacaan dilakukan pada 10 siswa kelas dua belas. Hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak dengan nilai 88 00% pada aspek materi dan 91 11% pada aspek media. Hasil uji keterbacaan memberikan kategori yang sangat baik dengan nilai 87 56%. Tahap Evaluate menghasilkan dasar dari kegiatan revisi yang dilakukan. Implikasi dari pengembangan ini adalah multimedia interaktif simulasi sel Volta berbasis WebGL yang dihasilkan dapat diuji di dalam kelas sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298902

Actions (login required)

View Item View Item