Pengembangan e-modul berbasis flipbook dengan menggunakan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) pada materi sistem koloid untuk meningkatkan minat belajar peserta didik / Adelia Ningtyas Nurkhotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis flipbook dengan menggunakan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) pada materi sistem koloid untuk meningkatkan minat belajar peserta didik / Adelia Ningtyas Nurkhotimah

Nurkhotimah, Adelia Ningtyas Nurkhotimah (2023) Pengembangan e-modul berbasis flipbook dengan menggunakan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) pada materi sistem koloid untuk meningkatkan minat belajar peserta didik / Adelia Ningtyas Nurkhotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gadget atau handphone yang digunakan pada anak-anak usia sekolah akan menimbulkan dampak perkembangan cara berpikir bertindak dan berperilaku dalam meningkatkan minat belajar. Ilmu pengetahuan yang menerima dampak perkembangan teknologi ialah kimia. Materi sistem koloid mempunyai sifat konstektual akan tetapi sering dianggap sebagai materi yang perlu penghafalan dan cara penyampaian guru secara teoritis menerapkan metode ceramah sehingga sering mengalami miskonsepsi serta kejenuhan yang membuat peserta didik mengalami penurunan pemahaman sistem koloid maka diperlukan bahan ajar serta model pembelajaran yang menarik untuk peserta didik. Penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kevalidan serta tingkat kepraktisan dari e-modul berbasis flipbook dengan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Inquiry Learning (POGIL) pada materi sistem koloid. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model penelitian ADDIE. Pada model ini dilakukan tahap-tahap meliputi Analyze Design Develop Implement and Evaluate tetapi hanya sampai tahap develop saja karena keterbatasan waktu peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi dan angket. Subjek dari penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas XII MIPA 1 di SMAN 1 Gondanglegi. Validator dalam penelitian ini adalah salah satu dosen kimia dan satu guru Kimia. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan skala likert untuk uji kevalidan dan skala guttman untuk uji kepraktisan. Hasil penelitian ini berupa e-modul berbasis flipbook dengan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Inquiry Learning (POGIL) pada materi sistem koloid. Dari uji validasi ahli media dan pembelajaran didapatkan rata-rata sebesar 91% dan 94% dengan kriteria sangat valid tanpa revisi. Selajutnya hasil uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil uji efektifitas sebelum menggunakan e-modul diperoleh 70% dan hasil uji efektifitas sesudah menggunakan e-modul diperoleh 86%. Hal ini menunjukkan bahwa media e-modul yang dikembangkan valid praktis dan efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi sistem koloid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298894

Actions (login required)

View Item View Item