Pengembangan bahan ajar elektrokimia berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah siswa / Elmafiza 'Indillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar elektrokimia berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah siswa / Elmafiza 'Indillah

'indillah, Elmafiza (2023) Pengembangan bahan ajar elektrokimia berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah siswa / Elmafiza 'Indillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan argumentasi ilmiah adalah proses penalaran logis untuk mengkonstruksi argumen. Proses ini dapat mendorong kemampuan menalar berpikir kritis membuat keputusan dan berkomunikasi. Akan tetapi pada realitanya praktik argumentasi ilmiah jarang diadakan di kelas. Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Elektrokimia merupakan salah satu materi pelajaran kimia yang kompleks yang seringkali menimbulkan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Elektrokimia berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang menempatkan keterampilan argumentasi ilmiah sebagai luaran pembelajaran yang layak digunakan menurut penilaian para ahli dan dapat dipahami oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R amp D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap analyze design dan development. Uji validitas dilakukan dengan melibatkan 2 dosen kimia dan 2 guru kimia sedangkan uji keterbacaan melibatkan 20 siswa kelas XII SMAN 1 Kandangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata ndash rata validasi yang diberikan oleh validator adalah 91 47 dengan kategori sangat layak sedangkan skor rata ndash rata keterbacaan yang diberikan oleh siswa adalah 88 37 dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini dapat digunakan dalam pembelajaran untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada materi elektrokimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 01:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298879

Actions (login required)

View Item View Item