Pengembangan dan implementasi modul ajar asam basa berorientasi socio-scientific issues dan sustainable development goals-air bersih dan sanitasi layak / Farras Nur Alifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan implementasi modul ajar asam basa berorientasi socio-scientific issues dan sustainable development goals-air bersih dan sanitasi layak / Farras Nur Alifa

Alifa, Farras Nur Alifa (2023) Pengembangan dan implementasi modul ajar asam basa berorientasi socio-scientific issues dan sustainable development goals-air bersih dan sanitasi layak / Farras Nur Alifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan-permasalahan seperti ketimpangan pendidikan perubahan iklim kemiskinan kerusakan lingkungan dan permasalahan lainnya melatarbelakangi dicetuskannnya Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Sebagai upaya dalam meningkatkan pencapaian SDGs diperlukan pengenalan dan penerapan melalui berbagai sektor salah satunya melalui pendidikan atau yang dikenal sebagai Education for Sustainable Development (ESD). Pelaksanaan ESD dalam kegiatan pembelajaran membutuhkan komponen seperti modul ajar. Namun belum ada modul ajar yang secara eksplisit memuat konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar asam basa berorientasi socio-scientific issues (SSI) dan sutainable development goals (SDGs) yang layak dan mengevaluasi pemahaman peserta didik mengenai sustainable development goals (SDGs)-Air Bersih dan Sanitasi Layak sebelum dan setelah diajarkan dengan modul ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas langkah-langkah analyze design development implementation dan evaluation. Hasil pengembangan berupa modul ajar dengan karakteristik berorientasi SSI dan SDGs-Air Bersih dan Sanitasi Layak serta mengandung 8 kompetensi ESD. Modul ajar divalidasi oleh ahli media ahli materi dan ahli pembelajaran. Selain itu modul juga diuji keterbacaan oleh 10 orang peserta didik. Implementasi dilakukan dengan metode pre-eksperimen dan desain one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat layak pada aspek isi dan media serta pada aspek keterbacaan. Hasil implementasi menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman SDGs-Air Bersih dan Sanitasi Layak peserta didik sebelum dan setelah dibelajarkan dengan modul ajar. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa pemahaman SDGs peserta didik perlu dieksplisitkan dalam kegiatan pembelajaran dan untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan uji efektivitas dari modul ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298865

Actions (login required)

View Item View Item