Pengembangan dan implementasi modul ajar termokimia berorientasi socio scientific issues dan sustainable development goals-energi bersih dan terjangkau / Syifa Kumala Nurjannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan implementasi modul ajar termokimia berorientasi socio scientific issues dan sustainable development goals-energi bersih dan terjangkau / Syifa Kumala Nurjannah

Nurjannah, Syifa Kumala Nurjannah (2023) Pengembangan dan implementasi modul ajar termokimia berorientasi socio scientific issues dan sustainable development goals-energi bersih dan terjangkau / Syifa Kumala Nurjannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agenda 2030 yang baru untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan membutuhkan sumber daya manusia yang berkecakapan dalam pelaksanaannya. Konsep Pendidikan untuk berkelanjutan atau ESD dibutuhkan dalam pembelajaran begitu pula yang diharapkan oleh kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. ESD dapat diterapkan pada perangkat ajar salah satunya yaitu modul ajar. Namun belum ada modul ajar yang secara eksplisit memuat konsep tersebut. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung penerapan ESD dalam pembelajaran yaitu Socioscientific Issues (SSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar termokimia yang berorientasi Socioscientific Issues dan Sustainable Development Goals-Energi Bersih dan Terjangkau yang layak dan mengevaluasi pemahaman peserta didik terkait Sustainable Development Goals-Energi Bersih dan Terjangkau. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis design development implementation dan evaluation). Implementasi dilakukan dengan metode pre-eksperimen dan desain one group pretest-postest. Instrumen penelitian terdiri atas pedoman wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan statistik. Hasil pengembangan berupa modul ajar termokimia dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan dilengkapi isu sosiosaintifik yang berorientasi pada Sustainable Development Goals-Energi Bersih dan Terjangkau serta mengandung specific learmig goals dan kompetensi kunci ESD. Modul ajar yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada aspek isi dan media serta pada aspek keterbacaan. Selain itu hasil implementasi modul menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman peserta didik terkait Sustainable Development Goals-Energi Bersih dan Terjangkau sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran dengan modul ajar dengan perolehan nilai N-gain pada kategori sedang. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa pemahaman peserta didik terkait Sustainable Development Goals perlu dieksplisitkan melalui kegiatan pembelajaran dan untuk penelitian selanjutnya perlu dikaji efektivitas dari modul yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298863

Actions (login required)

View Item View Item