Pengembangan e-ukbm multiple representation berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang dilengkapi dengan game wordwall pada materi laju reaksi / Aisyah Anantayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-ukbm multiple representation berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang dilengkapi dengan game wordwall pada materi laju reaksi / Aisyah Anantayani

Anantayani, Aisyah (2023) Pengembangan e-ukbm multiple representation berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang dilengkapi dengan game wordwall pada materi laju reaksi / Aisyah Anantayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laju reaksi merupakan materi kimia dengan tiga level representasi. Namun pembelajaran di sekolah seringkali mengabaikan representasi submikroskopis sehingga kemampuan siswa dalam menghubungkan ketiga level representasi kimia pada materi laju reaksi cukup rendah. Akibatnya siswa kesulitan dalam mempelajari materi laju reaksi dan menimbulkan terjadinya pemahaman konsep laju reaksi yang salah. Selain itu proses pembelajaran yang monoton juga dapat menimbulkan terbentuknya pemahaman konsep yang salah karena siswa akan merasa bosan selama pembelajaran dan konsep yang diterima menjadi tidak utuh. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk (1) mengembangkan E-UKBM multiple representation berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) yang dilengkapi dengan game Wordwall pada materi laju reaksi serta mengetahui tingkat validitasnya dan (2) mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap pembelajaran laju reaksi yang memanfaatkan E-UKBM. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze design develop implement dan evaluate. Namun pada penelitian ini tahap implementasi yang dilakukan merupakan implementasi terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase validitas E-UKBM dari ahli materi sebesar 88 87% ahli media sebesar 87 78% dan ahli praktisi lapangan sebesar 96 18%. Ketiga validitas tersebut memiliki kriteria sangat layak/valid untuk digunakan. Kemudian diperoleh hasil persentase tingkat keterbacaan sebesar 90 86% dengan kriteria mudah dipahami. Selain itu juga diperoleh persentase tingkat respon siswa dan guru dari proses implementasi terbatas yaitu secara berturut-turut sebesar 89 78% dan 90 28% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu E-UKBM multiple representation berbasis POGIL yang dilengkapi dengan game Wordwall pada materi laju reaksi ini sangat layak/valid untuk digunakan karena mudah dipahami dan memperoleh respon yang sangat baik dari guru dan siswa. Namun masih diperlukan implementasi lebih lanjut untuk mengukur efektivitas E-UKBM laju reaksi ini terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 03 Nov 2023 06:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298862

Actions (login required)

View Item View Item