Pengembangan e-lkpd berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berbantuan game edukasi online pada materi larutan penyangga kelas xi sma / Tarisa Ayu Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berbantuan game edukasi online pada materi larutan penyangga kelas xi sma / Tarisa Ayu Rahmadani

Rahmadani, Tarisa Ayu Rahmadani (2023) Pengembangan e-lkpd berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berbantuan game edukasi online pada materi larutan penyangga kelas xi sma / Tarisa Ayu Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Larutan penyangga termasuk materi kimia yang kompleks karena terdapat perhitungan yang rumit konsep kimia dan penerapannya sehingga menyebabkan konsep larutan penyangga sulit dimengerti oleh siswa. Minat dan motivasi belajar siswa serta bahan ajar yang membosankan juga menyebabkan kesulitan belajar. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan bahan ajar inovatif seperti E-LKPD berbasis model pembelajaran yang sesuai dan dilengkapi dengan media pembelajaran yang menarik. Pengembangan E-LKPD berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan game edukasi diperlukan sebagai bahan ajar yang terintegrasi dengan teknologi sehingga dapat mengatasi rasa bosan dengan bahan ajar yang biasa digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-LKPD Berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Game Edukasi Online Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA yang valid serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap penerapan E-LKPD tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Dilakukan pengembangan dengan jenis penelitian Research and Development (R amp D) menggunakan model pengembangan yaitu ADDIE yang terdiri dari tahap Analyz Design Develop Implement dan Evaluate. Hasil validasi ahli yang terdiri dari validasi media materi dan praktisi (guru) secara berurutan diperoleh persentase 88 41% 86 67% dan 96 25% sehingga dapat dinyatakan dalam kriteria sangat valid. Selain itu didapatkan hasil uji keterbacaan siswa dinyatakan dalam kriteria mudah dipahami dengan persentase 87 83%. Respon siswa dan respon guru juga dinyatakan dalam kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 87 20% dan 87 83%. Secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa E-LKPD Berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Game Edukasi Online Pada Materi Larutan Penyangga sangat valid serta mendapat respon sangat baik dari guru dan siswa sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298861

Actions (login required)

View Item View Item