Mujiati, Nur Aeni Mujiati (2023) Pengembangan modul digital dalam format scorm terintegrasi steam yang berpeluang untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi momentum dan impuls / Nur Aeni Mujiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul digital dalam format SCORM terintegrasi STEAM yang berpeluang untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi momentum dan impuls serta mengetahui tingkat kelayakan modul digital untuk dipergunakan. Keunggulan modul digital yang dikembangkan dengan modul yang sudah berkembang yaitu tampilan modul berisi materi dalam bentuk video animasi contoh soal dan kuis dalam format SCORM yang dapat diunggah ke dalam berbagai LMS. Penelitian menggunakan jenis metode Research and Development (R amp D) dengan penggunaan metode 4D (Define Design Development Disseminate). Namun penelitian ini hanya sampai tahap development. Penelitian ini memiliki dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pada penelitian berupa lembar penilaian validasi ahli materi dan ahli media serta lembar respon uji coba terbatas untuk mengetahui keterbacaan dan kepraktisan produk. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis yang terdiri dari dua macam yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Terdapat satu orang ahli yang berasal dari dosen fisika untuk memvalidasi materi dan validasi ahli media dilakukan satu dosen fisika. Setelah dilakukan revisi dari masing-masing validator dilakukan uji coba terbatas yang dilakukan dilakukan pada 25 peserta didik kelas XI MIPA. Hasil penelitian berhasil mengembangkan modul digital dengan hasil penilaian angket validasi materi dan angket validasi media diperoleh rata-rata persentase sebesar 91 98% dan 94 79% yang dapat dikategorikan sangat layak digunakan. Hasil uji coba terbatas memperoleh keterbacaan dan kepraktisan sebesar 95 18% dan 96 70 % sehingga media dalam kategori sangat layak dan dapat dilakukan uji efektivitas. Hasil validitas menunjukkan bahwa pengembangan modul digital dalam format SCORM terintegrasi STEAM yang berpeluang untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi momentum dan impuls layak digunakan peserta didik dalam belajar secara mandiri. Pengembangan lebih lanjut diharapkan modul dapat digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas dalam kegiatan pembelajaran dan penyebaran produk yang lebih luas dalam berbagai LMS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |