Pujiawananti, Zulfatizzahro' Pujiawananti (2023) Pengembangan modul ajar berbasis pjbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi energi terbarukan kurikulum merdeka / Zulfatizzahro\' Pujiawananti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis PjBL pada materi energi terbarukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kurikulum merdeka di SMA Islam Sabilurrosyad dengan 100% peserta didiknya merupakan santri dari pondok pesantren Sabilurrosyad. Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa modul ajar LKPD dan soal evaluasi. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi lembar observasi dan lembar respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan modul ajar serta soal pretest-posttest untuk mengetahui keefektifan modul ajar. Validator terdiri dari dua dosen fisika dan satu guru fisika. Uji empiris dilakukan sebelum implementasi. Uji empiris dilaksanakan di SMA Islam Sabilurrosyad pada peserta didik kelas 11 dan 12 sejumlah 30 orang. Hasil validasi Modul ajar LKPD dan soal evaluasi diperoleh rata-rata sebesar 3 7 3 4 dan 3 6 yang berada dikategori Valid. Hasil kepraktisan dari obeservasi dan respon sebesar 89% dan 90% yang berada dalam kategori praktis. Keefektifan modul ajar dilihat dari hasil pretest-postest peserta didik melalui uji t didapatkan signifikansi sebesar 0.000 dan thitung bernilai 15.00 lebih besar ttabel . Sehingga dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |