Pengembangan perangkat pembelajaran stem-pjbl pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Intan Ayu Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran stem-pjbl pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Intan Ayu Dwi Lestari

Lestari, Intan Ayu Dwi Lestari (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran stem-pjbl pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa / Intan Ayu Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan oleh banyaknya guru yang menggunakan metode ceramah termasuk pada materi gelombang bunyi. Kondisi ini menyebabkan siswa kurang mampu mengembangkan ide-ide kreatif dan berpikir secara lebih inovatif dalam memecahkan masalah dan memahami materi. Beberapa penelitian sudah melakukan pengembangan perangkat menggunakan model STEM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif namun belum ada yang membahas mengenai materi gelombang bunyi. Adapun yang melakukan penelitian lain mengenai materi gelombang bunyi namun dengan menggunakan model penelitian yang lain.yakni PBL (Problem Based Learning). Oleh karena itu peneliti memilih model STEM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi gelombang bunyi. Model pembelajaran STEM-PjBL memiliki potensi untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mereka. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ADDIE yang melibatkan lima tahap yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran diujicobakan pada satu kelas XI di SMAN 1 Gondanglegi menggunakan desain pretest-posttest satu kelompok. Pengumpulan data validitas dilakukan dengan menggunakan metode angket melalui lembar validasi perangkat pembelajaran meliputi RPP LKPD dan soal evaluasi yang dilakukan oleh ahli dua dosen pembimbing dan satu guru fisika. Setelah soal dilakukan validasi maka soal dilakukan uji emphiris sebelum di implementasikan. Subjek untuk uji emphiris melibatkan 60 responden dari kelas XII yang telah mempelajari materi gelombang bunyi di sekolah yang berbeda. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilakukan melalui observasi mengenai observasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan teman mahasiswa serta respon siswa terhadap pembelajaran. Pada penelitian ini hanya diimplementasikan pada satu kelas saja untuk diukur peningkatan kemampuan berpikir kreatifnya mengggunakan model STEM-PjBL. Keterbaruan pada penelitian kali ini daripada penelitian sebelumnya adalah penggunaan analisis data yang cukup sampai uji normalitas dan nilai signifikansi untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Data peningkatan kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui metode tes dengan menggunakan lembar instrumen soal kemampuan berpikir kreatif. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan nilai signifikansi uji-t. Analisis data penelitian dilakukan memperoleh nilai signifikansi dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang disusun terbukti valid praktis dan terdapat peningkatan berpikir kreatif pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298511

Actions (login required)

View Item View Item