Pengembangan e-modul berbasis android terintegrasi phet simulation dan soal dengan feedback sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hukum hooke / Sheila Rohmatin Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis android terintegrasi phet simulation dan soal dengan feedback sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hukum hooke / Sheila Rohmatin Nabila

Nabila, Sheila Rohmatin Nabila (2023) Pengembangan e-modul berbasis android terintegrasi phet simulation dan soal dengan feedback sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hukum hooke / Sheila Rohmatin Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu materi fisika yang dianggap sulit oleh siswa yaitu materi Hukum Hooke. Materi Hukum Hooke dianggap sulit karena siswa belum menguasai konsep dasar dengan benar sehingga saat menjumpai soal dengan susunan pegas campuran siswa merasa kesulitan. Keterbatasan bahan ajar dan alat praktikum yang minim di sekolah membuat siswa menjadi malas untuk belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis android disertai PhET Simulation dan soal dengan feedback yang valid bersasarkan validitas uji keterbacaan dan uji kepraktisan pada fokus materi Hukum Hooke. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan menggunakan tahap define design dan development. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi materi dan media oleh ahli angket uji keterbacaan dan angket uji kepraktisan dengan subjek penelitian 35 siswa kelas XI MIPA 1 di MAN Sumenep. Validasi materi dan media dilakukan oleh empat ahli yaitu satu dosen fisika Universitas Negeri Malang dan 3 guru fisika di MAN Sumenep. Hasil validasi materi didapatkan persentase sebesar 93 5% dengan kategori sangat valid dan validasi media sebesar 92 8% dengan kategori sangat valid. Persentase hasil uji keterbacaan sebesar 85 4% dengan kategori sangat baik dan hasil persentase uji kepraktisan sebesar 91 9% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dengan kategori sangat valid sangat baik dan sangat praktis maka e-module yang dikembangkan dapat dikatakan valid digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298507

Actions (login required)

View Item View Item