Analisis sikap siswa terhadap fisika dan hasil belajar fisika / Gitik Savitri Fatuliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sikap siswa terhadap fisika dan hasil belajar fisika / Gitik Savitri Fatuliyah

Fatuliyah, Gitik Savitri Fatuliyah (2023) Analisis sikap siswa terhadap fisika dan hasil belajar fisika / Gitik Savitri Fatuliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap fisika dengan hasil belajar Fisika. Desain dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode cross section survey. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan metode simple random sampling sebanyak 80 peserta didik kelas X SMK Jayanegara Lawang. Pengambilan data sikap siswa menggunakan instrumen berupa kuesioner sikap siswa yang memuat indikator minat terhadap fisika kepercayaan diri serta kesenangan belajar fisika . Teknik analisis menggunakan program SPSS untuk mencari korelasi antara sikap dengan hasil belajar. Sikap siswa memiliki rata-rata bernilai 70 11 dengan sikap terendah 52 dan tertinggi 99. Hasil belajar siswa memiliki rata-rata 79 10 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 48. Berdasarkn uji koelasi diperoleh signifikansi 0 032 lt 0 05 dan koefisienkorelasi 0 240. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara sikap siswa terhadap fisika dan hasil belajar fisika dalam kategori yang rendah. Hubungan sikap siswa dengan hasil belajar rendah dapat dipengaruhi karena siswa hanya menyukai fenomena yang ada dalam fisika dan tidak suka apabila banyak rumusnya. Selain itu banyak faktor lain dari sikap siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar fisika. Dalam penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada lebih banyak faktor dari sikap siswa yang mempengaruhi hasil belajar fisika dan dapat melakukan observasi terlebih dahulu untuk menyesuaikan indikator sikap dengan instrumen yang akan digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298505

Actions (login required)

View Item View Item