Sukarno, Frisza Asmarani Sukarno (2023) Pengembangan e-modul interaktif berbasis problem based learning upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi impuls dan momentum / Frisza Asmarani Sukarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
E-modul merupakan media pembelajaran dimana penyusunannya sistematis dan dapat digunakan siswa secara mandiri untuk memecahkan permasalahan serta berinteraksi langsung melalui e-modul interaktif. Penggunaan e-modul interaktif dalam pembelajaran membuat siswa terbantu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Tidak hanya itu model pembelajaran yang diterapkan pada proses belajar mengajar juga dapat membantu siswa salah satunya yakni menggunakan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini mengembangkan e-modul yang interaktif berbasis PBL dengan menerapkan metode penelitian ADDIE dalam pelaksanaannya yang terdiri dari 5 tahapan yakni Analyze Design Development Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini berupa angket dengan data yang dihasilkan berupa data deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi oleh validator ahli didapatkan hasil validasi materi oleh ahli materi sebesar 96% sehingga dikategorikan sangat valid dan hasil validasi media oleh ahli media sebesar 85% sehingga produk ini dikategorikan cukup valid. Sedangkan untuk uji kelayakan yang diperoleh dari siswa menghasilkan presentase kevalidan sebesar 93% sehingga produk dikategorikan layak untuk dapat digunakan pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |