Pengembangan e-modul pada pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa materi gelombang berjalan dan stasioner / ACHMAD RIDHO KHUZAINI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul pada pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa materi gelombang berjalan dan stasioner / ACHMAD RIDHO KHUZAINI

Khuzaini, Achmad Ridho Khuzaini (2023) Pengembangan e-modul pada pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa materi gelombang berjalan dan stasioner / ACHMAD RIDHO KHUZAINI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa adalah materi yang berkaitan dengan gelombang termasuk materi gelombang berjalan dan stasioner. Gelombang berjalan dan stasioner merupakan salah satu materi fisika yang bersifat abstrak. Dibutuhkan pemahaman terhadap konsep yang baik untuk mempelajari materi ini. Salah satu cara agar siswa memiliki pemahaman konsep yang baik adalah dengan memfasilitasi media belajar yang digunakan oleh siswa. Saat ini masih banyak sekolah yang hanya menggunakan modul cetak dalam pembelajarannya. Modul cetak yang digunakan cenderung kurang menarik dan monoton. Modul yang demikian berpengaruh terhadap semangat belajar siswa sehingga menyebabkan miskonsepsi yang dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkan sebuah media belajar elektronik berbentuk e-module. Pengembangan e-module ini selain dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dapat pula digunakan secara mandiri oleh siswa pada pembelajaran flipped classroom. Validitas e-module yang dikembangkan sebesar 91 67% untuk materi dan 97 28% untuk media. Selain itu e-module ini mendapatkan 82% untuk keterbacaan media oleh siswa. Berdasarkan hal tersebut dikatakan media layak digunakan untuk pembelajaran materi gelombang berjalan dan stasioner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298499

Actions (login required)

View Item View Item