Pengembangan e-module dilengkapi dengan multirepresentasi dan soal hots dalam menerapkan prinsip fluida dinamis guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA / Riska Nurul Latifah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module dilengkapi dengan multirepresentasi dan soal hots dalam menerapkan prinsip fluida dinamis guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA / Riska Nurul Latifah</p>

Latifah, Riska Nurul (2023) Pengembangan e-module dilengkapi dengan multirepresentasi dan soal hots dalam menerapkan prinsip fluida dinamis guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA / Riska Nurul Latifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan mengetahui kevalidan kepraktisan dan keefektifan e-module dilengkapi dengan multirepresentasi dan soal HOTS untuk menerapkan prinsip fluida dinamis pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian RnD dengan menggunakan model pengembangan 4D.Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan instrumen validasi produk instrumen kepraktisan produk instrumen validasi soal instrumen uji empiris soal dan instrumen uji pretest-postest. Subyek uji coba dari penelitian pengembangan ini yaitu siswa SMAN 1 Singosari. Di mana untuk uji empiris soal dilakukan oleh 49 siswa kelas XI uji kepraktisan media dilakukan oleh 24 siswa kelas XI dan uji efektivitas media dilakukan oleh 60 siswa kelas X. Pada uji efektivitas produk menggunakan quasi eksperimental design jenis pretest-postest control group design di mana menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Modul yang dihasilkan berupa e-module yang dapat diakses melalui hand phone PC/laptop dan menyajikan konsep fluida dinamis dalam berbagai model representasi serta dilengkapi dengan soal HOTS. Hasil uji validasi produk mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3 71 dengan kategori valid tanpa perbaikan. Uji kepraktisan produk memperoleh presentase rata-rata sebesar 95 % dengan kategori praktis tanpa perbaikan. Hasil dari uji beda Mann-Whitey U nilai Asymp. Sig. (2-tailed) didapatkan sebesar 0 000 lt 0 05. Sehingga terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan e-module dilengkapi dengan multirepresentasi dan soal HOTS. Uji efektivitas penggunaan media didapatkan n-Gain kelas eksperimen didapatkan nilai sebesar 0 76 dengan kategori timggi sedangkan n-Gain kelas kontrol didapatkan nilai sebesar 0 56 dengan kategori sedang. Selain itu pada indikator hasil belajar kognitif siswa pada level LOTS didapatkan n-Gain sebesar 0 731 dengan kategori tinggi dan level HOTS sebesar 0 739 dengan kategori tinggi. Sehingga e-module efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298484

Actions (login required)

View Item View Item