Pengembangan modul digital dalam format scorm dengan pendekatan stem yang berpeluang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi alat-alat optik / Nabila Putri Aulia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul digital dalam format scorm dengan pendekatan stem yang berpeluang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi alat-alat optik / Nabila Putri Aulia</p>

Aulia, Nabila Putri (2023) Pengembangan modul digital dalam format scorm dengan pendekatan stem yang berpeluang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi alat-alat optik / Nabila Putri Aulia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fisika seringkali dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit bagi peserta didik. Karena kesulitan itu beberapa peserta didik tidak berminat untuk mempelajari pelajaran fisika. Hal ini dikarenakan materi yang dipelajari di fisika memiliki konsep yang abstrak. Fenomena ini menyebabkan rendahnya pemahaman konsep fisika di kalangan peserta didik yang berdampak pada kemampuan mereka dalam memecahkan masalah fisika. Berdasarkan hasil penelitian oleh Tumanggor kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi alat-alat optik masih tergolong rendah. Sehingga diperlukan modul digital dengan pendekatan STEM yang memberikan peluang bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pada penelitian sebelumnya telah dikembangkan modul digital dengan pendekatan STEM. Tetapi jangkauan pengguna dari modul tersebut terbatas hanya untuk pengguna yang memiliki akses terhadap modul digital tersebut serta hanya dapat diakses pada perangkat android. Selain itu pada aspek science pada modul digital yang telah dikembangkan oleh Arnida dan Wibowo belum memuat proses ilmiah serta kegiatan pembelajaran belum dirancang secara rinci dengan menggunakan tahapan pemecahan masalah sehingga belum memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Berdasarkan masalah yang telah dijelaskan sebelumnya maka perlu dikembangkannya modul digital dalam format SCORM dengan pendekatan STEM yang mengintegrasikan empat aspek STEM dan disusun menggunakan tahapan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain model 4D yang meliputi define (tahap pendefinisian) design (tahap perancangan) develop (tahap pengembangan) dan disseminate (tahap penyebaran). Ada dua jenis data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang ahli materi seorang ahli fisika dan 24 peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian angket validasi media oleh validator ahli media didapatkan nilai persentase sebesar 91 25% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian angket validasi materi oleh validator ahli materi didapatkan nilai persentase sebesar 88 02% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian angket oleh peserta didik sebanyak 24 peserta didik didapatkan nilai persentase sebesar 95 87% dengan kategori sangat layak dari aspek keterbacaan dan kepraktisan. Sehingga modul digital sudah sangat layak dan siap untuk diuji coba tahap lanjut. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan simulasi online sebagai media praktikum peserta didik. Selain itu juga menggunakan media dalam penelitian eksperimen sehingga dapat dimanfaatkan secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298482

Actions (login required)

View Item View Item