Pengembangan e-module berbasis inquiry training pada gelombang mekanik sebagai peluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Risa Anggi Yosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis inquiry training pada gelombang mekanik sebagai peluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Risa Anggi Yosita

Yosita, Risa Anggi Yosita (2023) Pengembangan e-module berbasis inquiry training pada gelombang mekanik sebagai peluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik / Risa Anggi Yosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gelombang mekanik merupakan materi yang termasuk penting untuk dipelajari dalam fisika karena penerapannya dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tidak semua konsep pada gelombang mekanik dapat diberikan ataupun dicontohkan secara langsung didalam kelas oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Module berbasis inquiry training pada materi gelombang mekanik yang layak. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R amp D). Data penelitian diperoleh dari sumber (a) uji kevalidan dari tiga validator (dosen dan dua guru fisika yang berpengalaman mengajar fisika lebih dari 5 tahun) (b) uji kepraktisan dan keterbacaan dari 69 siswa kelas XI di SMAN 1 Kepanjen (c) komentar dan saran dari validator terhadap E-Module yang telah dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan E-Module gelombang mekanik dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat berbasis Android dan telah memenuhi karakteristik E-Module yang praktis. E-Module yang dikembangkan dengan tahapan pembelajaran inquiry training dalam setiap kegiatan belajar yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. E-Module yang telah dikembangkan memiliki kriteria (a) hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa E-Module yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat valid dengan rerata kevalidan sebesar 98 50% (b) hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa E-Module tergolong dalam kriteria sangat praktis dengan rerata kepraktisan sebesar 94 20% dan (c) hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa E-Module yang dikembangkan memiliki rata-rata sebesar 92 99%. E-Module yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa dalam mempelajari materi gelombang mekanik. Selain itu E-Module ini diharapkan berpeluang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Implikasi pada penelitian ini terdapat didalam artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298480

Actions (login required)

View Item View Item