Ramadhani, Shahnaz Intan Ramadhani (2023) Komparasi learning experience dan science career interest pada kelas fisika di kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka serta korelasinya / Shahnaz Intan Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menurunnya minat siswa dalam studi sains serta karir terkait tetap menjadi masalah yang mendapatkan perhatian di seluruh dunia. Salah satu alasan menurunnya minat siswa pada karir sains yaitu kurang kuatnya pengalaman belajar siswa pada saat pembelajaran sains dilakukan. Pengalaman belajar memiliki keterkaitan yang erat dengan kurikulum. Hal ini dikarenakan pengalaman belajar merupakan salah satu komponen dalam pengembangan kurikulum. Sehingga perubahan kurikulum akan berdampak pada pengalaman belajar. Pengalaman belajar sendiri dapat mempengaruhi berbagai hal seperti sikap siswa hingga pengambilan keputusan karir sebagai contoh karir di bidang sains. Penelitian ini memiliki tujuan melihat signifikansi perbedaan learning experience dan science career interest faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut serta hubungan learning experience dan science career interest pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan desain explanatory sequential mixed methods dengan pendekatan korelasional. Data utama penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan melalui teknik pengambilan data berupa kuesioner dan wawancara terbuka. Hasil analisis didapatkan perbedaan yang signifikan baik pada indikator learning experience maupun science career interest pada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Hasil uji korelasi didapatkan tidak ada korelasi antara learning experience dan science career interest pada sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka namun terdapat korelasi antara learning experience dan science career interest pada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Saran penelitian berikutnya agar menggali lebih dalam terkait aspek kurikulum merdeka dan bagaimana implementasinya terkait science career interest siswa sehingga diperoleh representasi hubungan yang lebih jelas antara learning experience dan science career interest.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |