Pengembangan e-module fisika interaktif berbasis google sites dilengkapi scaffolding dalam menganalisis karakteristik gelombang mekanik / Syafiq Anthoni Syarbin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module fisika interaktif berbasis google sites dilengkapi scaffolding dalam menganalisis karakteristik gelombang mekanik / Syafiq Anthoni Syarbin

Syarbin, Syafiq Anthoni Syarbin (2023) Pengembangan e-module fisika interaktif berbasis google sites dilengkapi scaffolding dalam menganalisis karakteristik gelombang mekanik / Syafiq Anthoni Syarbin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengembangkan e-module interaktif berbasis google sites dilengkapi scaffolding dalam menganalisis karakteristik gelombang mekanik yang valid praktis dan efektif adalah tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD (Research and Development) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan dimana pengembangan ini terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah 64 siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang didapatkan berupa data kuantitatif yang berasal dari hasil uji validitas media dan soal pre-test post-test oleh 2 validator ahli hasil uji kepraktisan media oleh siswa kelas XI serta nilai pre-test dan post-test siswa kelas X. Sedangkan data kualitatif penelitian berupa saran dan komentar dari validator. Validitas media menghasilkan nilai sebesar 3 70 dengan kriteria valid tanpa perbaikan. Hasil uji kepraktisan menghasilkan persentase rata-rata sebesar 95% dengan kriteria praktis tanpa perbaikan. Uji validasi soal memperoleh nilai rata-rata sebesar 3 81 dengan kategori valid tanpa perbaikan. Uji empiris pada 20 soal menghasilkan 16 soal valid dengan reliabilitas soal sebesar 0 781. Sedangkan uji efektivitas produk menghasilkan N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0 47 dan kelas kontrol sebesar 0 30 dengan kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-module yang dikembangkan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa daripada media pembelajaran konvensional seperti buku. Produk yang dikembangkan dapat diakses oleh berbagai perangkat seperti laptop dan smartphone namun produk masih terbatas jaringan internet sehingga produk tidak bisa akses secara offline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298478

Actions (login required)

View Item View Item