Analisis kesiapan mahasiswa calon guru fisika berdasarkan standar kompetensi guru pada program asistensi mengajar / Tarisa Pradnya Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesiapan mahasiswa calon guru fisika berdasarkan standar kompetensi guru pada program asistensi mengajar / Tarisa Pradnya Prasetya

Prasetya, Tarisa Pradnya (2023) Analisis kesiapan mahasiswa calon guru fisika berdasarkan standar kompetensi guru pada program asistensi mengajar / Tarisa Pradnya Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya nilai uji kompetensi guru menjadi salah satu indikasi bahwa tingkat kesiapan untuk menjadi seorang guru masih tergolong rendah. Terkait ini kegiatan di luar kelas yang memiliki peluang untuk membantu kesiapan mahasiswa calon guru menjadi guru profesional adalah Asistensi Mengajar (AM) dikarenakan program ini bertujuan untuk memperdalam ilmu yang telah dipelajari selama kegiatan perkuliahan. Sebagai bentuk implementasi dari kebijakan Menteri Pendidikan dan kebudayaan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka maka UM membentuk program Asistensi Mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa calon guru fisika yang telah mengikuti program AM berdasarkan standar kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods) dengan desain explanatory. Data diperoleh dari angket kesiapan mahasiswa sebanyak 54 partisipan dan data wawancara sebanyak 5 partisipan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis konten untuk data wawancara. Dari hasil analisis data kuantitatif didapatkan 3 kategori mengenai kesiapan mahasiswa calon guru yaitu sangat tinggi sebanyak 46 mahasiswa tinggi sebanyak 7 mahasiswa dan sedang sebanyak 1 mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa mahasiswa calon guru fisika yang telah mengikuti program AM mayoritas masuk kedalam kategori sangat tinggi kesiapannya. Selain itu mahasiswa calon guru memiliki gambaran tentang figur guru yang dapat dicontoh serta dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Lebih lanjut penelitian ini sebaiknya juga dilakukan pada mahasiswa yang tidak mengikuti program AM agar dapat membandingkan kompetensi mahasiswa yang tidak dan mengikuti program AM dan diharapkan penelitian ini dapat berimplikasi pada pertimbangan keberlanjutan dari program AM kedepannya serta disarankan kepada mahasiswa untuk mengikuti program AM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 19 Dec 2023 02:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298474

Actions (login required)

View Item View Item